Pengaruh Komunikasi Word of Mouth dan Harga Terhadap Minat Beli Pelanggan PT. Santani Sejahtera

Dessy Veronika, Hernawaty Manalu

Abstract


Abstrak

 

Dalam penelitian ini tujuannya adalah untuk mengetahui adakah pengaruh komunikasi Word of Mouth dan harga terhadap minat beli pelanggan PT.Santani Sejahtera. penelitian menggunakan metode kuantitatif asosiatif dimana agar membantu peneliti untuk mencari seberapa besar sebab akibat yang akan berpengaruh antara komunikasi Word of Mouth dan harga terhadap minat beli pelanggan PT.Santani Sejahtera. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara pembagian kuisioner berupa google form yang akan di bagikan dalam bentuk link kepada pelanggan PT.Santani Sejahtera dengan jumlah responden adalah 90 responden yang hanya berlokasi di Sumatera Utara . Besar pengaruh komunikasi Word of Mouth dan harga terhadap minat beli pelanggan dapat di lihat dari uji determinan sebesar 60% dan sisa 40% merupakan sumber faktor lain yang dapat di jelaskan dengan variabel lainnya . Sebagai temuan bahwa bagi PT.Santani Sejahtera belum memiliki komunikasi Word of mouth dan harga yang belum cukup bersaing sehinngga minat beli pelanggan menjadi berkurang dan pembeli secara berskala berkurang, kedua permasalahan tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi perusahaan guna meningkatkan komunikasi Word of Mouth dan menciptakan harga yang lebih bersaing yang ada kaitannya dengan minat beli pelanggan.

 

Kata Kunci : komunikasi Word of Mouth, Harga dan minat beli pelanggan


Full Text:

PDF

References


Andalusi, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Instrumen Penunjang Laboratorium (Studi kasus Pada PT Laborindo Sarana Jakarta). Jurnal Madani, 1(2), 305–322.

Bayu Adrio F, M. (2016). Harga, Pembentukan Harga Dan Keseimbangan Pasar. Universitas Muhammadiyah, 191020700082, 1–23.

CASAFRANCA LOAYZA, Y. (2018). STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN WORD OF MOUTH MARKETING PADA PRODUK SIMPANAN (SI BAGUS) DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA DI KOPERASI SIMPAN PINJAM GIRI MURIA GROUP KUDUS. 1–26.

Hermawan, A. (2017). Pengaruh Word of Mouth terhadap Minat Berkunjung Pemustaka pada Perpustakaan Daerah Salatiga. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 3(1), 59. https://doi.org/10.14710/lenpust.v3i1.16071

Lina Sari Situmeang. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Istana Hot Plate Medan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Permana Ade Indra. (2020). Pengaruh kualitas website , kualitas pelayanan, dan kepercayaan pelanggan terhadap minat beli pelanggan di situs belanja online bukalapak. 25.

Pratama, A. A. N. & E. C. (2021). Metodologi Penelitian Bisni Dengan Pendekatan Kuantitatif. In Syria Studies (Vol. 7, Issue 1). https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think-asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625

Putri, finta cahya. (2016). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei pada konsumen Legipait Coffeeshop Malang) Fakultas Ilmu Administrasi. PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI DAN DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Pada Konsumen Legipait Coffeeshop Malang), 34(1), 86–95.

Riyono, & Budiharja, G. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua Di Kota Pati. Jurnal STIE Semarang, 8(2), 92–121.

Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. 8(1), 147–155.

Secapramana, V. (2017). Model Dalam Strategi Penetapan Harga. Unitas, 9(1), 30–43.

Wildan, M. (2019). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Gifutohandicraft Di Instagram. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 1–127. file:///C:/Users/sherl/Downloads/BUKU/14410218.pdf




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v13i1.2996

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.