Pengaruh Gaya Hidup, Personal Selling, Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Pembelian Ulang Produk Maybelline

Amalia Kusuma Wardani, Henny Kurnianingsih

Abstract


Tujuan dari penelitian yaitu untuk menguji bagaimana gaya hidup, penjualan pribadi, dan kepuasan pelanggan mempengaruhi pembelian ulang produk Maybelline. Salah satu tujuan bisnis perusahaan, dapat berpengaruh pada perusahaan agar perusahaan tetap berjalan. Penelitian ini menggunakan populasi pelanggan yang pernah membeli dan menggunakan produk Maybelline. Penelitian kuantitatif digunakan dalam jenis penelitian ini. Data primer digunakan dalam penelitian ini dan kuesioner digunakan untuk pengumpulan data. Besar sampel adalah 100 responden, dan metode pengambilan sampel adalah purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji reliabilitas, uji validitas, uji asumsi tradisional, dan uji hipotesis. Studi ini menunjukkan bahwa gaya hidup tidak berdampak besar pada pembelian kembali, namun penjualan pribadi dan kepuasan pelanggan berpengaruh. Hasil uji F menunjukkan bahwa pembelian ulang produk Maybelline secara signifikan dipengaruhi oleh gaya hidup, personal selling, dan kepuasan pelanggan secara simultan.

Kata kunci: Gaya hidup, Personal selling, Kepuasan Pelanggan, Pembelian Ulang

Abstract
The purpose of this research is to examine how lifestyle, personal selling, and customer satisfaction affect the repurchasing of Maybelline product. One of the company's business goals, can affect the company so that the company continues to run. This study uses a population of customers who have purchased and used Maybelline products. Quantitative research is used in this type of research. In this study, primary data were employed, and questionnaires were used to gather data. Purposive sampling is used, with a sample size of 100 respondents. The analytical techniques employed in this work include reliability tests, validity tests, traditional assumption tests, and hypothesis testing. This study demonstrates that lifestyle has no substantial impact on repurchasing, however personal selling and customer satisfaction do. The results of the F test show that repurchasing Maybelline products is significantly influenced by lifestyle, personal selling, and customer satisfaction simultaneously.

Keywords : lifestyle, personal selling, consumer satisfaction, repurchase


Full Text:

PDF

References


. Patmawati NS, Syarif R. Pengaruh Harga , Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Emina Di Mall Kota Kasablanka Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol 3 No 3 Bulan November 2020 Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol 3 No 3 Bulan November 2020. J IKRA-ITH Ekon. 2020;3(47):73–83.

(2). Fitriana D, Sukresna IM. Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas produk, Kewajaran Harga Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada pelanggan Produk Oriflame Semarang). 2018;7:1–11.

(3). Haasiani N. Data Penjualan Kosmetik Wajah [Internet]. Compas. 2022. Available from: https://compas.co.id/article/data-penjualan-kosmetik/

(4). Data Statistik Solo Raya [Internet]. Scribd. 2021. Available from: https://id.scribd.com/document/493615302/Data-Statistik-Solo-Raya

(5). Dhani MJP, Agustin S. Pengaruh Gaya Hidup , Kualitas Produk , Promosi , Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ms Glow for Men. Ilmu dan Ris Manaj. 2022;11:1–17.

(6). Edy IT, Mauladi KF, Efendi Y. ANALISIS FAKTOR PENDAPATAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BARANG ELEKTRONIK PADA UD. DEWI SRI ELEKTRONIK LAMONGAN. Media Mahardika. 2020;19(1):124–9.

(7). Katubi. Analisis Gaya Hidup, Bintang Iklan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Konsumen Online Shopee (Studi Kasus Dilakukan pada Mahasiswa Universitas Islam Batik Surakarta Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen). Smooting. 2020;18(3):203–19.

(8). Tae BE, Bessie JLD. Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Minat Membeli Ulang (Repurchase Intention) (Survei Pada Pelanggan The Kings Resto Kupang). J Transform Unkriswina Sumba, 10(1). 2021;X:27–45.

(9). Wijaya E, Hafni L, Chandra S. Gaya Hidup, Inovasi Produk, Harga, Dan Citra Merek: Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung. J Ilm Manaj. 2021;9(3):244–52.

(10). Dipayanti K. Pengaruh Promosi Penjualan Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt . Giant Extra Pamulang. J Pemasar Kompetitif. 2018;2(1):30–49.

(11). Hasman HCP, Natalina C, Alfito. Pengaruh Advertising Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. J Manaj Tools. 2021;13(2):1–8.

(12). Halan HD, Wiem E, Sugiyanto. Analisis Pengaruh Brand Image Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Human Diagnostic (Studi Pada PT. Putra Airlangga Medika). HUMANIS (Humanities,Management Sci Proceedings). 2022;2(2):98–105.

(13). Anggarawati LKA, Mitariani NWE, Imbayani IGA. Pengaruh Pelaksanaan Personal Selling, Kepercayaan Pelanggan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Asuransi Berupa Premi Asuransi (Studi pada PT. Asuransi Allianz Life Indonesia, Unit Genteng Biru Denpasar) Luh. J Emas. 2013;

(14). Yasin RA. Pengaruh Advertising , Sales Promotion , Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian. 2020;5(2017).

(15). Gunawan AC, Susanti F. Pengaruh Bauran Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline Di Kota Padang. 2017; Available from: https://osf.io/preprints/inarxiv/npjqh/

(16). Fadhli K, Pratiwi ND. Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, dan Emosional terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi ZIO Jombang. J Inov Penelit [Internet]. 2021;2(2):603–12. Available from: https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/684

(17). Sitanggang B, Tiana E. Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Kembali Produk Skincare Ms Glow. 2022;

(18). Jamilah RS, Habra MD. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepercayaan Merek Terhadapkepuasan Konsumen Produk Kosmetik Emina. Movere. 2022;4 No.1(1):19–28.

(19). Fa’al Akbar N, Nurcholis L. Pengaruh Lokasi, Harga Dan Kualitasproduk Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Pros Konstelasi Ilm Mhs Unnisula Klaster Ekon. 2020;972–94.

(20). Yanti Febrini I, Widowati PA R, Anwar M. Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Di Warung Kopi Klotok, Kaliurang, Yogyakarta. J Manaj Bisnis. 2019;10(1):35–54.

(21). Gultom DK, Arif M, Fahmi M. Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. 2020;3(September):171–80.

(22). Maharany AM, Saidani B, Fidhayallah NF. Pengaruh Kepuasan dan Manfaat yang dirasakan Terhadap Minat Beli Ulang pada E-Commerce Marketplace X di Indonesia. J Bisnis, Manajemen, dan Keuang. 2021;2(2):401–16.

(23). Rohman IZ, Naufaldi F, Manajemen PS, Naskah I, Image B. Pengaruh Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang. J Manaj Dewantara. 2022;6(1):53–60.

(24). Salsabila C, Umbara T, Setyorini R, Telkom U. Pengaruh kepuasan pelanggan terhadap minat beli ulang produk somethinc. 2022;IX:668–79.

(25). Saputri IA, Tjahjaningsih E. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Niat Beli Ulang. 2022;4(3):18–26.

(26). Yusuf JC, Prayoga FR, Fransisca A. Pengaruh kepuasan konsumen terhadap minat beli ulang di traveloka. J Hosp Manaj Jasa. 2021;(2015).

(27). Karlina C, Harba MD, Al-Washliyah N. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Pembelian Ulang Produk Oriflame Studi Pada Jaringan Young Energetic Succes Business Network (Yesbn) Member Oriflame Cabang Medan. J Ilmu Manaj dan Kewirausahaan. 2020;1(Desember):2774–4795.

(28). Silaen E, Prabawani B. Pengaruh Persepsi Kemudahan Menggunakan E-Wallet Dan Persepsi Manfaat Serta Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Saldo. J Ilmu Adm Bisnis. 2019;1–9.

(29). Sari DNP, Astutiningsih SE. Pengaruh Lokasi Usaha, Popularitas Merek, Variasi Produk, Kepercayaan,Gaya Hidup terhadap Minat Beli Ulang KonsumenAliyah Scraf Tulungagung melalui Budaya. Sang Pencerah J Ilm Univ Muhammadiyah But. 2022;363–84.

(30). Kotler P, Keller KL. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 2. Edisi 12. Erlangga: Jakarta. 2009.

(31). Sugiyono. Download metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D.Bandung: Alf Bandung. 2017;380.

(32). Ghozali I. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Alfabeta. 2016;1(1):1–99.




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v13i1.2907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.