Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Minat Beli Album K-Pop Pada Online Shop Fullsun KStuff

Ahmadun Ahmadun, Cahwati Ismi Indahsari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi terhadap minat beli album kpop pada Online Shop Fullsun Kstuff. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling dengan jumlah sampel 75 responden, populasi yang digunakan ialah konsumen yang membeli album kpop dari Online Shop Fullsun Kstuff. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer dengan cara menyebarkan kuisioner dalam bentuk google form. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan analisis Structural Equation Modelling (SEM) dan diolah menggunakan aplikasi SmartPLS 3.0 dan untuk data responden menggunakan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa harga memiliki pengaruh positif namun tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli, promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap promosi.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi terhadap minat beli album kpop pada Online Shop Fullsun Kstuff. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling dengan jumlah sampel 75 responden, populasi yang digunakan ialah konsumen yang membeli album kpop dari Online Shop Fullsun Kstuff. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer dengan cara menyebarkan kuisioner dalam bentuk google form. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan analisis Structural Equation Modelling (SEM) dan diolah menggunakan aplikasi SmartPLS 3.0 dan untuk data responden menggunakan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa harga memiliki pengaruh positif namun tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli, promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap promosi.

Kata Kunci: Harga, Promosi, Minat Beli 

 

Full Text:

PDF

References


Achmat Afandi Setyawan1, R. E. (2020). Pengaruh Produk, Harga, Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Lele Di Sidoarjo. Vol. 3, No. 1, Tahun 2020, ISSN: 2622-6367

(Online) Iqtishad equity Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Umaha, 224-232.

Aditya Salsabila Akbar, D. N. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Pada Konsumen MCDonald's Lampung. Jurnal Ekobis Dewantara, 59-68.

Ghozali, I. (2014). Partial Least Square Konsep Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS

0 (Edisi 4). Badan Penerbit Universitas Diponorogo.

Hidayat, A. (2021, Maret). Tutorial Partial Least Square dalam PLS SEM. Retrieved from Statiskian.com: https://www.statistikian.com/2021/ 04/tutorial-partial-least-square- dalam-pls-sem.html

Hungga Fernando Tanata, S. C. (2020). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Produk Hungtata. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 94-103.

Nanda Bella Fidanty Shahnaz, W. (n.d.). Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen di Toko Online. Management Analysis Journal, 389-399.

Pitri Rambe, W. A. (2022). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Album Stray Kidz Pada Komunitas Stay di Indonesia. Jurnal Bonanza

Fakultas Ekonomi Universitas Al- Azhar Medan, 55-60.

R. Ratika Zahra, N. R. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Hamidah Rachmayanti Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online Shop Mayoutfit Di Kota Bandung. Jurnal Lontar Vol. 6 No. 1 Januari-Juni 2018, 43-57, 43-57.

Rahayu Lestari, E. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya Pada Minat Beli Ulang Produk Mie Instan Sedap. Jurnal Ilmu dan Budaya , 7495-7520.

Rhofita Elva Yolanda, M. F. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kemudahan Bertransaksi Terhadap Minat Menggunakan Mobile Payment Go-Pay Selama Pandemi. Journal of Financial Economics & Investment Vol. 1, No. 1, Januari

, 59-70.

Ridho Fikri Suparnoto, A. S. (2020). Pengaruh Promosi Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Produk Havermood. PERFORMA : Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Vol. 5 No. 5, 404-412.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In

P. D. Sugiyono, Pengertian Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (pp. 15-17). Bandung: Penerbit Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v12i4.2754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.