PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA SEPEDA MOTOR MATIC YAMAHA MIO DI KELURAHAN BAMBU APUS KECAMATAN CIPAYUNG JAKARTA TIMUR

Efrida Marselina Lowa, Eros Rosmiati, Maya Sova

Abstract


ABSTRAK

Konsumen cenderung menjadikan citra merek dari produk sebagai acuan sebelum melakukan pembelian terhadap produk tersebut. Semakin baik citra merek yang melekat pada produk maka konsumen akan semakin tertarik untuk membeli produk tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara variabel citra merek terhadap keputusan pembelian sepeda matic Yamaha Mio di Kelurahan Bambu Apus Kecamatan Cipayung Jakarta Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kelurahan Bambu Apus Kecamatan Cipayung Jakarta Timur yang menggunakan sepeda motor matic Yamaha Mio. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah pengguna sepeda motor matic Yamaha Mio di RW 001 dan RW 003 Kelurahan Bambu Apus Kecamatan Cipayung Jakarta Timur, dengan teknik purposive sampling dipilih 60 responden pengguna sepeda motor matic Yamaha Mio dengan jangka waktu Juni - Agustus 2016.  Hasil uji hipotesis T hitung 3,662 sedangkan T tabel 2,001 maka T hitung > T tabel (3,662 > 2,001) yaitu Hα diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian. Kesimpulan dari penelitian ini yakni ada pengaruh citra merek dengan keputusan pembelian motor matic Mio sebesar 16,24%.

 

Kata kunci : Citra merek, keputusan pembelian.

 

ABSTRACT

Consumers tend to make the brand image of the product as a reference before making a purchase of the product. The better the brand image attached to the product, the consumer will be more interested in buying the product. The purpose of this study is to determine the relationship between brand image variables on matic Yamaha Mio bike purchase decision in Kelurahan Bambus Apus, Cipayung District, and East Jakarta. The type of research used is quantitative research with research method used is associative.Population in this research is the whole community of Bambu Apus Sub District, Cipayung, East Jakarta using automatic motocycle Yamaha Mio. While the sample in this study is the user matic motorcycle Yamaha Mio at RW 001 and RW 003 Village Bamboo Apus District Cipayung East Jakarta, with purposive sampling technique selected 60 respondents that uses automatic motocycle Yamaha Mio with timeframe between June – Agust 2016. The conclusion of this research is based on the result of Thitung 3.662 hypothesis test whereas Ttable 2,001 then Thitung> Ttable (3,662> 2,001) that Hα is accepted and Ho is rejected, it means there is influence of brand image to purchasing decision. The conclusion of this research that there is influence of brand image with decision of purchasing motor matic Mio equal to 16,24%.

 

Keywords: Brand image, purchase decision.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v8i1.254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.