PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI ANOMALI COFFEE KEMANG PADA 2016

Indah Febriandini, Amrih Piguno

Abstract


ABSTRAK

 

Persaingan yang terjadi di dunia bisnis menuntut perusahaan untuk meningkatkan pelayanan dan profesionalisme di semua bidang usaha, begitu pula bisnis perkopian di Indonesia, seperti kedai kopi. Anomali coffee agar bisa tetap bersaing, salah satunya dengan melakukan diferensiasi produk (keunggulan produk untuk memenangkan pasar sasaran). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis adanya pengaruh diferensiasi produk terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Anomali Coffe Jakarta. Penelitian kuantitatif, desain crosectional, populasi penelitian adalah konsumen Anomali Coffee Kemang, teknik pengambilan sampel adalah random sampling dengan rumus Rao Purba yang menghasilkan 96 responden pada tahun 2016. Penelitian ini menggunakan metode analisis korelasi, koefisien determinasi dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian adalah nilai korelasi r = 0,705,  yang artinya ada hubungan antara  diferensiasi produk terhadap kepuasan konsumen. Hasil koefisien determinasi adalah bahwa ada hubungan antara diferensiasi produk terhadap kepuasan konsumen sebesar 49,7%, sisanya 50,3% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, adapun  hasil regresinya  adalah : Y= 6.378 + 0.366X, berarti ada pengaruh positif diferensiasi produk terhadap kepuasan konsumen. Kesimpulan Terdapat hubungan kuat dan positif antara diferensiasi produk terhadap kepuasan konsumen,  dan diferensiasi produk perlu dilakukan ditengah maraknya persaingan kedai-kedai kopi yang sedang menjamur, khususnya untuk Anomali Coffee. Saran untuk Anomali coffe hendaknya tetap mempertahankan dan lebih meningkatkan diferensiasi produk yang dimiliki serta melakukan inovasi, pengembangan dan memperhatikan keamanan maupun kenyamanan konsumen.

 

Kata kunci : diferensiasi produk, kepuasan konsumen

 

                                                       ABSTRACT

                    Competition in the business world demands the company to improve service and professionalism in all areas of business, as well as coffee business in Indonesia, such as coffee shops. Anomaly coffee to remain competitive had several methods, one of them by doing product differentiation (product superiority to win the target market).  This study purpose is to determine and analyze the influence of product differentiation on Consumer Satisfaction at PT. Anomali Coffee Jakarta. The population of the study was the consumers of Anomaly Coffee in Kemang, South Jakarta. Sampling technique that used in this research was random sampling with Rao Purba formula with 96 respondents in 2016. This study used correlation analysis method, coefficient of determination and simple linear regression. The result of research is correlation value r = 0,705, which means there is relationship between product differentiation to consumer satisfaction. The result of coefficient of determination is that there is correlation between product differentiation to consumer satisfaction equal to 49,7%, the rest 50,3% is determined by other variable not examined in this research, as result regression was: Y = 6.378 + 0.366X, it means there is positive effect of product differentiation customer satisfaction. Conclusion There was a strong and positive relationship between product differentiation to consumer satisfaction, and product differentiation needs to be done amidst the rampant competition of coffee shops that are mushrooming, especially for Anomali Coffee.Suggestions for Anomaly Coffee should maintain and further enhance product differentiation and innovation, development and safety and consumer comfort.

 

Keywords: product differentiation, consumer satisfaction

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v8i1.251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.