Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Berbagi Pengetahuan, Orientasi Kewirausahaan, Teknologi, Pengetahuan Manajemen Dan Modularitas Produk Terhadap Inovasi Produk Pada Hotel Bintang 4 Kecamatan Lubuk Baja Kota Batam
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Orientasi Pasar, Berbagi Pengetahuan, Orientasi Kewirausahaan, Teknologi, Pengetahuan Manajemen dan Modularitas Produk terhadap Inovasi Produk Pada Hotel Bintang 4 Kecamatan Lubuk Baja Kota Batam ” Adapun jumlah sampel partisipan dalam penelitian ini sebanyak 265 responden yang didapatkan Penulis dalam memakai data primer. Data primer itu sendiri yakni data yang didapatkan dengan melakukan penyebaran kuesioner dengan google form ke karyawan hotel bintang empat di Kecamatan Lubuk Baja melalui bantuan dari HRD hotel tersebut. Penggunaan sampling dalam penelitian ini yaitu dengan metode non probabilitas, yakni metode yang dimana tidak semua unsur pada jumlah populasi akan dijadikan sampel. Metode yang digunakan yakni purposive sampling dengan kriteria berdasarkan masa kerja lebih dari satu tahun dibidangnya dan data diolah menggunakan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variable Entrepreurial Orientation, Knowledge Management , dan Product Modularity berpengaruh signifikan terhadap Product Innovation. Sedangkan variabel Market Orientation, Knowledge sharing dan Technology tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Product Innovation. Penelitian ini diharapkan memberikan efek untuk pembaca dari segi penambahan ilmu pengetahuan, informasi juga sumber referencess pada lingkup akademik sekaligus untuk perkembangan wawasan pembaca
Keywords: Market Orientation, Knowledge Sharing, Entrepreneurial Orientation, Technology
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, N., Billoo, M., & Lakhan, A. (2012). Effect of Product Packaging on consumer buying decision. Journal of Business Strategies, 6(2), 1–10. Retrieved from http://search.proquest.com.ezproxy.aut.ac.nz/docview/1321689628/fulltextPDF?accountid=8440
Allahawiah, S. R., & Tarawneh, M. M. (2018). The impact of social networks in influencing the consumer purchasing decision via the internet: Analytical study in Albalqa applied university. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 96(24), 8109–8121.
Andrianto, N. F., Sutrasmawati, E., Manajemen, J., Ekonomi, F., Semarang, U. N., & Artikel, I. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image pada Proses Keputusan Pembelian. Management Analysis Journal, 5(2), 104–109. https://doi.org/10.15294/maj.v5i2.8055
Anwar, R. N. (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen E-Commerce Fashion Muslim Hijup Di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(1), 75–85. https://doi.org/10.35137/jmbk.v6i1.169
Auttarapong, D. (2012). Package design expert system based on relation between packaging and perception of customer. Procedia Engineering, 32, 307–314. https://doi.org/10.1016/j.proeng.2012.01.1272
Babu, M. N. (2014). The Impact of Celebrity Endorsement on Purchase Decision of Telecom Users- A Case of Engineering Students. Global Journal of Advanced Research, 1(2), 289–305. https://doi.org/10.1016/S0008-6223(02)00292-0
Ghozali, I. (2001). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program spss (II).
Hair, J. F. J., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis.
Hassan, S. H., Lee, W. L., & Peng, W. W. (2012). the Influence of Food Product
Packaging Attributes in Purchase Decision: a Study Among Consumers in Penang, Malaysia. Journal of Agribusiness Marketing, 5, 14–28. Retrieved from http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.923.5825&rep=rep1&type=pdf
Ifeanyichukwu, C. D. (2016). Effect of Celebrity Endorsements on Consumers Purchase Decision in Nigeria. International Research Journal of Management, IT & Social Sciences, 3(9), 103. https://doi.org/10.21744/irjmis.v3i9.261
Khatib, F. (2016). The Impact of Social Media Characteristics on Purchase Decision Empirical Study of Saudi Customers in Aseer Region. International Journal of Business and Social Science, 7(4), 41–50. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2012.11.009
Mercado, M. C. (2017). Effect of Packaging Design in the Purchase Decision Process : A Comparison of Generations, 11(2), 11–26.
Nabil Iblasi, W., Bader, D. M., & Ahmad Al-Qreini, S. (2016). The Impact of Social Media as a Marketing Tool on Purchasing Decisions (Case Study on SAMSUNG for Electrical Home Appliances). International Journal of Managerial Studies and Research, 4(1), 14–28. Retrieved from www.arcjournals.org
Poturak, M., & Softic, S. (2019). Influence of Social Media Content on Consumer Purchase Intention: Mediation Effect of Brand Equity. Eurasian Journal of Business and Economics, 12(23), 17–43. https://doi.org/10.17015/ejbe.2019.023.02
Roro, D., Rahayu, R., & Utami, C. W. (2015). THE INFLUENCE OF SOCIAL MEDIA ( INSTAGRAM ) AND PACKAGING DESIGN ON DECISION OF ROCOCO PURCHASE ( ORGANIC NATA DE COCO ), (June), 228–236.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Yogesh, F., & Yesha, M. (2014). Effect of Social Media on Purchase Decision. Pacific Business Review International, 6(11), 45–51.
DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v12i3.2497
Refbacks
- There are currently no refbacks.
StatCounter
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.