PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH PENGUNJUNG DI DUNIA AIR TAWAR TMII

Eka Oktavia Nanprahara, Sri Siswani

Abstract


ABSTRAK

Perkembangan pariwisata menjadikan, para pelaku bisnis pariwisata harus mampu melakukan inovasi dan kreatifitas agar bisnis yang dijalankan tetap mendapat perhatian dari masyarakat. Hal ini memerlukan antara lain Promosi dan Kualitas Pelayanan guna tercapainya Peningkatan wisatawan yang diharapkan. Salah satu objek wisata nasional bertaraf internasional adalah Dunia Air Tawar TMII yang merupakan wahana mempesona, akan tetapi belum adanya fasilitas seperti : website,  kurangnya iklan di televisi, maupun pelayanan yang optimal dalam hal service guide, feeding show, fasilitas mesin ATM yang  jauh letaknya , serta penyediaan layanan pengunjung, menjadi kendala pihak Dunia Air Tawar TMII dalam meningkatkan jumlah pengunjungnya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan indikator Promosi, Kualitas Pelayanan yang dapat meningkatkan atau mempengaruhi Peningkatan Jumlah Pengunjung.

Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif  dengan teknik  Accidental Sampling. menggunakan data primer, data sekunder dengan populasi dan sampel berjumlah 75 orang, dan menggunakan alat bantu kuesioner. Hasil penelitian adalah: koefisien korelasi antara variable Promosi (X1) terhadap Peningkatan Jumlah Pengunjung (Y) adalah 0,230 dengan nilai signifikannya sebesar 0,023 dan hubungan variable Kualitas Pelayanan (X2) terhadap Peningkatan Jumlah Pengunjung (Y) 0,600 dengan nilai signifikansinya sebesar 0,000. Hal ini menunjukan tingkat hubungan yang signifikan, positif  dan sangat kuat. Kesimpulan ada “pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Peningkatan Jumlah Pengunjung di Dunia Air Tawar TMII. Oleh karena itu sebaiknya pihak Dunia Air Tawar TMII membuat website dan memasang iklan di tv, melakukan kerjasama khusus dengan para agent travel, menambahkan pegawai marketing dari 1 menjadi 3 pegawai, perlu mengoptimalkan service guide dan feeding show, menyediakan mesin debit, dan menyediakan telephone layanan pengunjung.

 

Kata Kunci : Promosi, Kualitas Pelayanan, Peningkatan Jumlah Pengunjung.

 

ABSTRACT

The development of tourism makes, the tourism business must be able to innovate and creativity for the business that run still get attention from the community. This requires, among others, Promotion and Service Quality in order to achieve the expected increase of tourists. One of the national attractions of international standard was TMII Freshwater World which was a fascinating vehicle, but there were no facilities such as: website, lack of advertising on television, and optimal service in terms of service guides, feeding shows, ATM machine facilities are far located, as well as the provision of visitor services, a constraint of TMII Freshwater World in increasing the number of visitors.This study aims to reveal indicators of Promotion, Quality of Service that can increase or influence the increase in the number of visitors. This research method is quantitative research with Accidental Sampling technique. using primary data, secondary data with population and sample amounting to 75 people, and using questionnaire tool. The result of research : coefficient of correlation between variable of Promotion (X1) to Increase of Number of Visitor (Y)  0,230 with significant value equal to 0,023 and relation of variable Quality of Service (X2) to Increase of Visitor Number (Y) 0,600 with value signifikan signifikan 0.000. This shows a significant level of relationship, positive and very strong. Conclusion there was the influence of Promotion and Quality of Service to Increase the Number of Visitors in TMII Freshwater World. Therefore, TMII Freshwater World party should make website and advertisement on TV, make special cooperation with travel agents, marketing employees from 1 to 3 employees, need to optimize service guide and feeding show, provide debit machine, and provide telephone service to visitors.

 

Keywords: Promotion, Service Quality, Increasing Number of Visitors.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v8i1.249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.