PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN SUSU FRISIAN FLAG UHT 115 ML PADA PT. CATUR SENTOSA ADIPARNA JAKARTA TIMUR

Anisa Restu Wulandari, Sularto Sularto

Abstract


Persaingan antar Perusahaan distributor susu menjadi sangat ketat, sehingga setiap perusahaan Distribtor susu perlu memiliki strategi khusus untuk menghadapi persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Harga Dan Promosi Tehadap Peningkatan Penjualan Susu Frisian Flag UHT 115 ML pada PT. Catur sentosa Adiparna Jakarta Timur. Metode penelitian ini jenisnya kuantitatif. Populasi pelanggan Staff Marketing PT. Catur Sentosa Adiparna dengan sampel sebanyak 50 orang. Teknik sampling yang digunakan sampel jenuh. Teknik analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi berganda, uji determinasi, uji regresi berganda, uji F, dan Uji t dengan alat bantu aplikasi SPSS versi 17. Berdasarkan hasil uji F (ANOVA) diketahui bahwa diketahui bahwa variabel harga mempunyai hubungan yang signifikan Fhitung>Ftabel yaitu 1,272<3,19 dengan nilai signifikasi lebih kecil dari nilai probabilitas 0,290>0,05 Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga secara bersama-sama (simultan) Pengaruh Harga Dan Promosi Tehadap Peningkatan Penjualan. Berdasarkan basil uji t bahwa variabel harga mempunyai hubungan yang signifikan terhadap peningkatan penjualan dengan nilai thitung>ttabel yaitu 3,970>2,010 dan nilai signifikan lebih kecil dari nilai probabilitas 0,446< 0,05 Ho ditolak dan Ha diterima, variabel promosi mempunyai hubungan yang signifikan terhadap peningkatan penjualan dengan nilai thitung<ttabel yaitu 1,430>2,010 dan nilai signifikan lebih kecil dari nilai probabilitas  0,159<0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan harga dan promosi berpengaruh terhadap peningkatan penjualan. SaranKami menyarankan agar perusahaan perlu membuat strategi yang lebih baik lagi dari distributor dengan meningkatkan diskon potongan harga yang lebih lagi. Sebaiknya ditingkatkan lagi tenaga penjual yang lebih aktif dan memperluas pemasaran produk hingga terjangkau ke semua area toko.

Kata Kunci          :     Harga, Promosi, dan Peningkatan Penjualan Kepuasan Pelanggan

 

 

                                                                                      ABSTRACT

Competition among milk distributor companies was very strict; every company of Milk distributor needs to have a special strategy to competition of sale. Study aims to determine the Influence of Price and Promotion to Increase Sales Frisian Flag Milk UHT 115 ML at PT. Catur sentosa Adiparna Jakarta Timur. Research method was quantitative. The customer population of PT. Catur Sentosa Adiparna with a sample of 50 people. Sampling technique used saturated samples. The analysis technique uses validity test, reliability test, multiple correlation coefficient test, determination test, multiple regression test, F test, and t test with SPSS 17. Result known that the price variable significant Fcount> Ftable was 1.272 <3.19 with smaller significance value than probability value 0.290> 0.05 Ho was rejected and Ha accepted. So together (simultaneously) The Influence of Price And Promotion to Increased Sales. t test result that price variable have significant relation to sales increase with t count> t table that was 3,970> 2,01063 and significant value less than probability 0,446 <0,05 Ho rejected and Ha accepted, promotion variable have significant relation to the increase of sales with the t count <t table was 1.430> 2.01063 and significant value smaller than probability value 0,159 <0,05 that H0 rejected and Ha accepted. Conclusion price and promotion conclusions have an effect on sales increase. Suggestions we recommend that companies need to make better strategies from distributors by increasing discounts more. Better to be upgraded more active sales people and expand product marketing to reach all areas of the store.

 

Keywords: Price, Promotion, Increased Sales .


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v8i1.247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.