ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS, PELUANG PERTUMBUHAN DAN LIKUIDITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN CONSUMER GOODS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012-2016
Abstract
Membutuhkan modal/dana besar untuk mengembangkan produknya serta melakukan ekspansi pasar sehingga akan mempengaruhi keputusan struktur modal atau pendanaan suatu perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas peluang pertumbuhan dan likuiditas terhadap struktur modal, secara simultan dan parsial pada perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016.
Sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling, terdiri dari 8 perusahaan dari 37 perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016 yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan perusahaan consumer goods tahun 2012-2016. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan termasuk penelitian explanatory research dengan teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda, koefisien determinasi, korelasi product moment dan uji hipotesis dengan uji t dan uji f dan tingkat signifikansi 5% .
Hasil penelitian variabel profitabilitas (X1) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap struktur modal (Y). dengan nilai signifikan (0,0036 < 0,05)artinya Ha diterima karena berpengaruh signifikan terhadap variabel struktur modal (Y). Variabel peluang pertumbuhan (X2) mempunyai pengaruh yang positif dan tidak signifikan (0,9954 > 0,05) Ha ditolak, Artinya peluang pertumbuhan (X2) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap struktur modal (Y). Dan juga variabel likuiditas(X3) berpengaruh negatif dan tidak signifikan (0,1668 > 0,05) H0 ditolak, artinya likuiditas (X3) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap struktur modal. Kesimpulan struktur modal dapat dijelaskan oleh profitabilitas, peluang pertumbuhan dan likuiditas sebesar 75,46%,
Kata Kunci : Profitabilitas, Peluang Pertumbuhan, Likuiditas, Struktur Modal
ANALYSIS OF EFFECT OF PROFITABILITY, GROWTH OPPORTUNITIES AND LIQUIDITY TO THE CAPITAL STRUCTURE OF CONSUMER GOODS COMPANY LISTED IN INDONESIA STOCK EXCHANGE YEAR 2012-2016
ABSTRACT
Capital / large funds to develop its products and market expansion so that will affect the decision of capital structure or funding a company. This study aims to determine the effect of profitability growth opportunities and liquidity on capital structure, simultaneously and partially on consumer goods companies listed on the Indonesia Stock Exchange 2012-2016. The sample used purposive sampling, consisting of 8 companies from 37 consumer goods companies listed on Indonesia Stock Exchange period 2012-2016 obtained from annual financial statements of consumer goods companies in 2012-2016. This research is quantitative research and includes explanatory research with data analysis technique using multiple linear regressions, coefficient of determination, product moment correlation and hypothesis test with t test and f test and 5% significance level. Based on the results of research using Eviews program concluded that the profitability variable (X1) has a negative and significant effect on capital structure (Y) with significant value (0,0036 <0,05) meaning Ha accepted because significant effect to capital structure variable (Y). The growth opportunity variable (X2) has a positive and insignificant effect (0.9954> 0.05) Ha is rejected, meaning growth opportunity (X2) has positive and insignificant effect on capital structure (Y). And also variable of liquidity (X3) have negative and insignificant effect (0, 1668> 0, 05) H0 is rejected, it means liquidity (X3) has negative and insignificant effect to capital structure. The conclusion of capital structure can be explained by profitability, growth opportunities and liquidity of 75.46%.
Keywords: Profitability, Growth Opportunity, Liquidity, Capital Structure
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.52643/jam.v8i1.246
Refbacks
- There are currently no refbacks.
StatCounter
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.