Analisis Pengaruh Manfaat Yang Dirasakan Saat Membeli Buah-Buahan Lokal (Apel, Nanas, Pisang)

Fauzima Dwi Wirasatrio, Kurniawati Kurniawati

Abstract


Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk menggali efek manfaat serta niat perilaku saat membeli buah-buahan lokal, dengan melihat manfaat altruistik dan manfaat egoistik. Metode penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 210 responden. Selanjutnya di analisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM), dan Partial Least Square (PLS). Variabel yang digunakan ada 6, yaitu: Attitude (ATT), Perceived Behavioural Control (PBC), Perceived Value (PV), Egoistic and Altruistic Benefits, Behavioral Intention (BI). Pada penelitian ini ditemukan bahwa keenam variabel yang di teliti, hanya satu yang tidak berpengaruh positif atau tidak di dukung, yaitu: perceived behavioral control terhadap behavioral intention karena responden pada penelitian ini beranggapan bahwa pengendalian keputusan dalam mengonsumsi buah-buahan lokal tidak mempengaruhi niat mereka dalam mengonsumsi buah-buahan lokal. Pada temuan di penelitian ini memberikan informasi bagi konsumen buah-buahan lokal yang secara signifikan mendapatkan manfaat saat membeli buah-buahan lokal. Implikasi manajerial pada penelitian ini adalah pemerintah dapat memberikan sosialisasi terkait pentingnya manfaat mengonsumsi buah-buahan lokal, selain dapat memberikan kesehatan pada tubuh, kemudian meningkatkan pendapatan domestik bruto, serta dapat meningkatkan kesejahteraan petani buah lokal  


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v13i2.2335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.