Analisis Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Kemandirian Pribadi Terhadap Keberhasilan Usaha Pedagang Kuliner Di Asia Mega Mas Medan

Veron Veron, Victor Victor

Abstract


Kedai kopi menjadi salah satu peluang bisnis yang dapat memberikan keuntungan. Kopi Kenangan sebagai salah satu pemain di bidang kedai kopi lokal percaya akan tumbuh sebagai unicorn dengan melebarkan sayap penjualan melalui aplikasi digital. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis Perceived Value terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Pelanggan pada Kopi Kenangan Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis deskriptif. Nonprobability sampling dan purposive sampling adalah teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan data sebanyak 385 responden yang didapatkan dari kuisioner. Analisis data dibantu dengan bantuan software SMARTPLS 3.0 Kesimpulan dari penelitian ini sebagai berikut: terdapat hubungan positif dan signifikan antara Perceived Value dan Kepuasan Konsumen, Perceived Value dan Loyalitas Konsumen, Loyalitas Konsumen dan Loyalitas Konsumen serta hubungan tidak langsung antara Perceived Value terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen. Dengan begitu, peran variabel Kepuasan Konsumen sebagai variabel intervening memiliki efek Partial Mediation yang mana tidak merubah hasil pengaruh antara Perceived Value.

Kata kunci: Perceived Value, Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen


Full Text:

PDF

References


Anuwichanont, J., & Mechinda, P. (2016). The Impact Of Perceived Value On Spa Loyalty and Its Moderating Effect of Destination Equity. Journal of Business and Economics, 75-90.

Ayu, D., Pasinringi, S. A., Irwandy, I., & Amqam, H. (2020). The effect of perceived value toward loyalty through patient satisfaction in Hasanuddin University Hospital ଝ. Enfermería Clínica, 30, 408–411.https://doi.org/10.1016/j.enfcli.2019.11.008

Dash, G., Kiefer, K., & Paul, J. (2021). Marketing-to-Millennials: Marketing 4.0, customer satisfaction and purchase intention. Journal of Business Research, 122, 608–620. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.10.016

Dehghan, N. A., & Mirzaeialamouti. (2015). Exploring the Customer Perceived Value as Antecedent of Purchase Behaviour. Serbian Journal of Management, 173-188.

Dolarslan, E. (2014). Assessing the Effects of Satisfaction and Value on Customer Loyalty Behaviors in Service Environments. Management Research Review, 706-727.

Gatra.com. (2020). Akhir 2020, Kopi Kenangan Laris Raup Pendapatan Optimal. Jakarta: Gatra.com

Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif Dengan Partial Least Square (PLS) dilengkapi software SmartPLS 3.0, Xlstat 2014, dan Wrap PLS 4.0 Edisi 4. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro..

Hartanta, Anthony, & Andreani. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan. Agora, 1-6.

Karwulandari, N. (2017). Pengaruh Emotional Branding, Brand Experience dan Customer Satisfaction terhadap Brand Loyalty.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principle of Marketing. In P. Kotler, & G. Armstrong, Principle of Marketing (p. 29). Harlow: Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed). New Jersey: Pearson.

Uzir, M. U. H., Jerin, I., Al Halbusi, H., Hamid, A. B. A., & Latiff, A. S. A. (2020). Does quality stimulate customer satisfaction where perceived value mediates and the usage of social media moderates? Heliyon, 6(12). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05710

Yulianto, Nova, Rahadhini, & Sumaryanto. (2017). Pengaruh Ambient Condition, Space and Functionality dan Use of Sign, Symbols and Artifacts terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 517-527.




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v12i1.2109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.