Analisis Determinan Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Apartment Suite Trivium PT. Lippo Cikarang

Farizal Ansori, Tri Suratmi, Mariati Tamba, Bachtar Bakrie, Faika Rachmawati

Abstract


Latar Belakang: Pengambilan keputusan dianggap sebagai hasil dari proses mempertimbangkan berbagai faktor untuk memprediksi masa depan. Pengambilan keputusan dalam membeli apartemen Trivium Suite di PT Lippo Cikarang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan faktor-faktor determinan yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian Apartemen Trivium Suite PT. Lippo Cikarang. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Data dikumpulkan dengan google form. Jumlah sampel sebanyak 230 responden, dianalisis menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 168 (73%) responden mengambil keputusan untuk membeli Apartemen Trivium Suite PT. Lippo Cikarang. Variabel yang berhubungan signifikan dengan keputusan pembelian apartemen adalah harga, cara pembayaran, lokasi, fasilitas, desain dan promosi dengan p.value < 0,05. Faktor dominan yang berhubungan signifikan dengan keputusan pembelian apartemen adalah harga dengan nilai OR 5,374 dan memiliki peluang 5 kali untuk membeli apartemen dengan harga murah dibandingkan konsumen yang menyatakan harga apartemen mahal. Kesimpulan: Harga yang murah menjadi pertimbangan utama dalam mengambil keputusan untuk membeli apartemen komersial. Saran: Dapat dijadikan sebagai rekomendasi kebijakan dalam strategi pemasaran.

 

Kata kunci: Pengambilan keputusan, harga, apartemen


Full Text:

PDF

References


Boyd, Walker, L. (2000). Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global (Edisi 2 Ji). Jakarta: Erlangga.

Hikmawati, K. A., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2016). Pengaruh Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 37(2), 11–18. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/download/1450/1829

Kotler, Philip, dan K. L. K. (2008). Manajemen Pemasaran Jilid 1 (B.Sabran (Ed.); 13th ed.). Erlangga.

Kuspriyono, T. (2018). Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Apartemen Meikarta. Cakrawala, XVIII(1), 59–66.

Paul, Peter J dan Olson, Jerry, C. (2000). Consumer Behavior. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (D. Sihombing (Ed.); edisi 4, j). Jakarta : Erlangga.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No.60/PRT/1992. (1992).

Philip Kotler, K. L. K. (2018). Marketing Management. In Essentials of Management for Healthcare Professionals. https://doi.org/10.4324/9781315099200-17

Rafsyantani, M. (2016). Analisis Implementasi Strategi Pemasaran Produk Perumahan Panam Permata Residence Pada PT. Hari Sejahtera Abadi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://arxiv.org/abs/1011.1669%0Ahttp://dx.doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Rendy, R., & Irawati, W. (2019). Understanding Of Tax Rules, Tax Tariffs And Tax-Rights Consciousness On E-Commerce Users Tax Compliance. Eaj (Economics and Accounting Journal), 2(2), 141.

https://doi.org/10.32493/eaj.v2i2.y2019.p141-148

Riza, M. (2019). Penjualan Satuan Unit Apartemen Terkait Ketiadaan Izin Mendirikan Bangunan (Studi Kasus Apartemen 45 Antasari Jakarta Selatan). Jurnal Hukum Adigama, 2(2), 1–26.

Sundrani, D. M. (2017). Factors influencing home-purchase decision of buyers of different types of apartments in India. International Journal of Housing Markets and Analysis, 11(4), 609– 631.

Suyanto, W. S. P. D., Kwanda, T., & Anastasia, N. (2020). Perbedaan Faktor Eksternal dan Internal dalam Pertimbangan Pembelian Apartemen di Surabaya antara Generasi X dan Generasi Y. Dimensi Utama Teknik Sipil, 7(2), 33–46. https://doi.org/10.9744/duts.7.2.33-46

Theriault, L. (2010). “Not Just an Apartment Building”: Residents’ Quality of Life in a Social Housing Co-operative. Canadian Journal of Nonprofit and Social Economy Research, 1(1), 82–100. https://doi.org/10.22230/cjnser.2010v1n1a37

Wijaya, A. S. C., Kwanda, T., & Rahardjo, J. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Rumah Dan Apartemen Kelas Menengah Bawah Di Surabaya, Gresik, Dan Sidoarjo. Dimensi Utama Teknik Sipil, 5(1), 22–29. https://doi.org/10.9744/duts.5.1.22-29




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v12i1.2108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.