Analisis Penyebab Penurunan Jumlah Kepesertaan Tenaga Kerja Formal Di BPJAMSOSTEK Denpasar Selama Masa COVID-19

Mardliyatus Sholihah, Nyoman Sri Subawa

Abstract


Pandemi covid-19 menyebabkan menurunnya jumlah kepesertaan tenaga kerja formal di BPJamsostek cabang Denpasar. Penelitian ini bertujuan mengungkapkan penyebab terjadinya penurunan jumlah kepesertaan BPJamsostek pada tenaga kerja formal di Cabang Denpasar selama masa Covid–19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab penurunan jumlah kepesertaan tenaga kerja formal di BPJamsostek kantor cabang Denpasar selama masa covid-19 adalah disebabkan karena: a) faktor manusia yaitu kurangnya pengetahuan perusahaan dan pekerja formal, b) faktor mesin yaitu tidak diketahuinya aplikasi BPJamsostek, c) faktor metode yaitu sosialisasi yang dilakukan masih kurang, d) faktor material yaitu perusahaan dan tenaga kerja formal tidak mengetahui program dan manfaat ikut kepesertaan BPJamsostek, e) faktor uang yaitu adanya covid-19 yang membebani perusahaan dan tenaga kerja yang telah diputus kontrak kerjanya untuk membayar biaya kepesertaan, f) faktor pemasaran yaitu kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh BPJamsostek cabang Denpasar. Pemerintah dan BPJamsostek Denpasar perlu bersinergi untuk menemukan strategi dalam mengatasi penurunan jumlah kepesertaan tenaga kerja formal selama masa pandemic covid-19


Full Text:

PDF

References


Luthfiana U. Perlindungan Hukum Terhadap Pekerja/Buruh Penerima Upah Dalam Suatu Perusahaan Yang Tidak Diikutsertakan Dalam Keanggotaan Bpjs Ketenagakerjaan Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Bpjs. PROGRESIF J Huk. 2018;10(1):1658–70.

Noviansyah A. Pelaksanaan Prinsip Kepesertaan Bersifat Wajib Pada Sistem Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Solusi. 2019;17(3):203–22.

Retnaningsih H. Strategi Sistem Jaminan Sosial Nasional Bidang Ketenagakerjaan Dalam Upaya Perlindungan Pekerja di Kota Surabaya dan Kota Pekanbaru. Aspir J Masal Sos. 2016;7(2):157–72.

Wahyudi NM, Mahyuzar. Strategi Komunikasi Bpjs Ketenagakerjaan Dalam Meningkatkan Jumlah Pengguna Jasa Program Bpjs Ketenagakerjaan Di Kota Banda Aceh. J Ilm Mhs FISIP Unsyiah. 2018;3(3).

Kunarti S, Sudrajat T, Wahyu Handayani S. Transformation of Social Security Administrative Body (BPJS) within Social Security Reform in Indonesia. SHS Web Conf. 2018;54:03017.

Karunia AM. Dampak Covid-19, Menaker_ Lebih dari 2 Juta Pekerja Di-PHK dan Dirumahkan. Kompas.com. 2020.

Hasibuan MSP. Manajemen Sumber Daya Manusia. Ed Revisi Jakarta Bumi Aksara. 2011;

Sugiyono. Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D , (Bandung: Alfabeta, 2015), 407 1. Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. 2015.

Retnaningsih H. Bantuan Sosial bagi Pekerja di Tengah Pandemi Covid-19: Sebuah Analisis terhadap Kebijakan Sosial Pemerintah. Aspir J Masal Sos [Internet]. 2020;11(2):215–27. Available from: https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/1756/pdf




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v12i1.2090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.