PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KEDAI MIE RAJA RAOS CIRACAS

Musriyani Musriyani, Ahmadun Ahmadun

Abstract


Indonesia merupakan Negara dengan keanekaragaman kuliner, mulai dari usaha berskala  kecil, menengah sampai usaha berskala besar. pelaku usaha bidang makanan harus mampu menciptakan produk yang unik dan berbeda dari yang telah ada agar memudahkan para pelanggan membedakaan produk tersebut dari pesaing sejenis. Salah satunya adalah pelaku usaha bidang mie ayam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kedai Mie Raja Raos Ciracas.  Metode penelitian kuantitatif menggunakan survei,  dan Sampel berjumlah 60 responden melalui teknik accidental sampling. Hasil penelitian Kualitas Produk dan Pelayanan berhubungan terhadap Kepuasan Pelanggan dengan nilai korelasi r 0,722 (72,2%). Hasil uji determinasi menunjukkan faktor kualitas produk dan pelayanan berpengaruh 0,521 (52,1%) terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji regresi berganda pada α 5% menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh 0,399 (39,9%) sedangkan pelayanan 0,385 (38,5%). Pengujian hipotesis dengan uji t dan uji F. Nilai hasil uji t  kualitas produk adalah 2,308 dengan nilai signifikasi 0,025 dan nilai pelayanan 3,088 dengan nilai sig. 0,003.  Hasil uji F  30,990 dengan nilai signifikasi 0,000. Berdasarkan semua uji hipotesis menunjukkan kualitas produk dan pelayanan memiliki t hitung > t tabel, nilai F hitung > F tabel dan nilai sig. < probabilitas. Dengan demikian dapat disimpulkan bila kualitas produk dan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Saran kedai Mie Raja Raos sebaiknya tetap mempertahankan ciri khas produk dan menjaga cita rasa produk, bahan baku berstandar baik, serta perlu meningkatkan kualitas pelayanannya agar para pelanggan tidak terlalu lama menunggu menu pesanannya, selera konsumen tetap di jaga agar pelanggan tetap loyal.

 

Kata kunci             : Kualitas Produk, Pelayanan, Kepuasan Pelanggan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v7i1.197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.