PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE) DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA POESPA SALON & SPA, BEKASI TAHUN 2015

Liris Roesa Selvias, Sularto Sularto2, Nurminingsih Nurminingsih

Abstract


Bisnis kebugaran tumbuh dan SPA masih menjadi trend peluang yang menjanjikan. Keberadaannya menyebar ke sejumlah tempat, mulai dari hotel berbintang, hingga kawasan pemukiman warga. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan indikator Citra Merek, Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Pada  Poespa Salon & SPA, Bekasi  Tahun 2015. Metode Penelitian kuantitatif, rancangan survei , dengan jumlah sampel 30 responden diambil secara Accidental. Data primer dengan kuesioner  dan data sekunder. Analisis data dengan pearson correlation. Hasil  hubungan antara Citra Merek  terhadap Kepuasan Pelanggan adalah 0,012 dengan nilai signifikannya 0,021, dan hubungan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan  0,020 dengan nilai signifikansinya 0,046. Hal ini menunjukan  hubungan yang signifikan dan hubungan yang sangat kuat serta positif. artinya variabel terikat Kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh Citra Merek  dan kualitas pelayanan  sebesar 18%. Dari Tabel di atas, persamaan matematisnya: Kepuasan Pelanggan 65,478 + 0,010 Citra Merek + 0,145 Kualitas Pelayanan  + e, interpretasi masing-masing independen Bo = 65,478 artinya  apabila variabel Citra Merek  dan Kualitas Pelayanan sama dengan nol maka Kepuasan Pelanggan akan mengalami peningkatan 65,478. B1 = 0,010  artinya: apabila variabel Citra Merek mengalami peningkatan sebesar 1 satuan maka Kepuasan Pelanggan meningkat 0,010. B2 = 0,145 artinya: apabila variabel kualitas pelayanan mengalami peningkatan 1 satuan maka Kepuasan pelanggan akan meningkat 0,145. Terdapat Pengaruh signifikan antara Citra Merek (Brand Image) dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Poespa Salon & SPA, Bekasi. Kesimpulan Kepuasan pelanggan  dipengaruhi oleh  Citra Merek  dan kualitas pelayanan  sebesar 18%. Saran  tetap menjaga citra merek dan lebih meningkatkan lagi kualitas pelayanannya.

 

Kata Kunci             : Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v7i1.196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.