PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA PADA KOPERASI PEDAGANG PASAR INDUK KRAMAT JATI, TAHUN 2015

Dasni Gusreza, Sakti Brata Ismaya

Abstract


Keberhasilan pengusaha untuk menarik dan mempertahankan pelanggan membutuhkan usaha dan kerja keras, sebab banyak sekali lembaga keuangan yang menawarkan produk/jasa dengan kualitas menjanjikan, sehingga konsumen selektif dalam menentukan pilihan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa pada Koperasi Pedagang Pasar Induk Kramat Jati. penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah anggota dan nasabah Koperasi Pedagang Pasar Induk Kramat Jatiyang berjumlah 1.571 orang. Sampel yang diambil 94 orang. Data diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada responden dengan cara Accidental Sampling. Berdasarkan analisis pengolahan koefisien korelasi. Hasil uji korelasi menunjukkan hubungan yang sedang  antara kualitas pelayanan dan keputusan menggunakan jasa yaitu sebesar 0,605. Hasil uji hipotesis dengan Zhitung (5,834) > Ztabel (1,96), artinya bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap variabel keputusan menggunakan jasa. Berdasarkan koefisien determinasi dijelaskan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan menggunakan jasa sebesar 37% sedangkan sisanya 63% dipengaruhi variabel lain seperti lokasi ataupun perilaku konsumen.

 

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Keputusan Menggunakan Jasa


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v6i2.194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.