PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA PADA KOPERASI PEDAGANG PASAR INDUK KRAMAT JATI, TAHUN 2015
Dasni Gusreza, Sakti Brata Ismaya
Abstract
Keberhasilan pengusaha untuk menarik dan mempertahankan pelanggan membutuhkan usaha dan kerja keras, sebab banyak sekali lembaga keuangan yang menawarkan produk/jasa dengan kualitas menjanjikan, sehingga konsumen selektif dalam menentukan pilihan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa pada Koperasi Pedagang Pasar Induk Kramat Jati. penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah anggota dan nasabah Koperasi Pedagang Pasar Induk Kramat Jatiyang berjumlah 1.571 orang. Sampel yang diambil 94 orang. Data diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada responden dengan cara Accidental Sampling.Berdasarkan analisis pengolahan koefisien korelasi. Hasil uji korelasi menunjukkan hubungan yang sedang antara kualitas pelayanan dan keputusan menggunakan jasa yaitu sebesar 0,605. Hasil uji hipotesis dengan Zhitung (5,834) > Ztabel (1,96), artinya bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap variabel keputusan menggunakan jasa. Berdasarkan koefisien determinasi dijelaskan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan menggunakan jasa sebesar 37% sedangkan sisanya 63% dipengaruhi variabel lain seperti lokasi ataupun perilaku konsumen.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Keputusan Menggunakan Jasa