Pengaruh Penerapan Physical Distancing Dan Strategi Pemasaran Terhadap Keberlanjutan Usaha Pedagang Pada Saat Pandemi COVID-19 Di Lokasi Binaan Munjul Jakarta Timur

Nurlela Runiati Sihombing, Nurminingsih Nurminingsih, Bachtar Bakrie

Abstract


Lokasi Binaan Munjul ditetapkan melalui Keputusan Kepala Suku Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan Kota Administrasi Jakarta Timur Nomor 10/2017 tentang Penetapan Lokasi Binaan Usaha Mikro/Pedagang Kaki Lima di Kota Administrasi Jakarta Timur tanggal 27 Oktober 2017. Penelitian ini mengkaji permasalahan faktor keberlanjutan usaha pedagang pada saat pandemi covid-19 di Lokasi Binaan Munjul. Tujuan penelitian  ini ingin mengetahui pengaruh penerapan Physical Distancing dan Strategi Pemasaran terhadap Keberlanjutan Usaha Pedagang pada saat Pandemi Covid-19 di Lokasi Binaan Munjul Jakarta Timur. Pendekatan penelitian ini termasuk paradigma penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pengambilan sampel menggunakan kuesioner sebagai instrumen utama untuk mengumpulkan data. Populasi penelitian ini adalah pedagang di Lokasi Binaan Munjul yang tetap berjualan pada saat pandemi covid-19 dan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh (total sampling) yang diambil sebanyak 122 orang sebagai sampel penelitian dan menggunakan Analisis data SEM PLS-3. Hasil perhitungan untuk uji hipotesis path Coefficients dapat disimpulkan bahwa Physical Distancing berpengaruh positif signifikan terhadap Strategi Pemasaran, Physical Distancing berpengaruh positif signifikan terhadap Keberlanjutan Usaha, Strategi Pemasaran berpengaruh positif signifikan terhadap Keberlanjutan Usaha, Physical Distancing dan Strategi Pemasaran berpengaruh tidak langsung terhadap Keberlanjutan Usaha. Kesimpulannya Keberlanjutan Usaha dipengaruhi oleh penerapan Physical Distancing dan Strategi Pemasaran.

 

Kata Kunci : Physical Distancing, Strategi Pemasaran dan Keberlanjutan Usaha


Full Text:

PDF

References


Abdillah., W dan Jogiyanto. 2009. Partial Least Square (PLS) Alternatif SEM Dalam Penelitian Bisnis . Penerbit Andi: Yogyakarta. Hal 262.

Assauri, Sofjan. 2007. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta

Achmad, S. Ruky. 2003. Kualitas Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Achmad Suryana. 2003. Kapita Selekta,Evolusi Pemikiran Kebijakan Ketahanan Pangan. Yogyakarta :BPFE-Yogyakarta. Aswatini, dkk. (2004). Ketahanan Pangan , Kemiskinan

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

A Muri Yusuf. 2013. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Penelitian Gabungan (Pertama). Jakarta: Renika Cipta

Daniel Aldrich, 2020, menyoroti makna social distancing, https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/30/071700465/pandangan-para-ahli-soal-social-distancing-dan-physical-distancing

Fajri, 2013, Analisis Kinerja Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Bungo https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:uxgscs94zkcJ:https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/download /4051/2938/+&cd= 12&hl=id&ct=clnk&gl=id

Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip, 2006, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Terjemahan Hendra Teguh dkk, Jakarta: PT. Prenhalindo

Kelly Robbins, 2026, How To Build the Endurance You Need to Achieve Your Business Goals, https://www.goalsontrack.com/blog/2016/05/18/how-to-build-the-endurance-you-need-to-achieve-your-business-goals/

Pandji, Anoraga. 1997. Manajemen Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta.

Peraturan Pemerintah (PP) No. 21/2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Peraturan Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 33 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Di Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2015,. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Surat Edaran Kepala Dinas Nomor 79/SE/2020 tentang Himbauan Teknis Antisipasi dan Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) pada Area Lokasi Binaan dan Lokasi Sementara Kuliner di Wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah

WHO. Report of the WHO-China Joint Mission on Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Geneva: World Health Organization; 2020.

Wasisto Raharjo Jati, 2012, Teosofi: Jurnal Tasawuf dan Pemikiran Islam Volume 5, Nomor 1, Juni 2015; ISSN 2088-7957; 139-163

Assauri, S. 2007.Teknik dan Metode Peramalan: Penerapannya dalam Dunia Ekonomi dan Usaha.Jakarta: Lembaga Penerbit FEUI

Pandji, Anoraga. 1997. Manajemen Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta.

Kotler Philip, Amstrong. 2006. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Edisi Millenium. PT. Prenhallindo. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v11i2.1889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.