Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan SMK Kartini

Maulana Sidiq Rahayu, Rushadiyati Rushadiyati

Abstract


ABSTRAK

 

SMK Kartini merupakan sekolah menengah kejuruan pariwisata swasta yang dahulunya adalah sekolah dasar berbahasa pengantar Belanda khusus diperuntukkan bagi gadis remaja. Berbeda dengan SD biasa, di Sekolah Kartini diberikan pelajaran tambahan memasak dan menjahit. Terletak di Jl. Kartini, Pasar Baru, Jakarta Pusat, berawal dari “dana Kartini” yang digalakkan beberapa tokoh Belanda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Lingkungan kerja (X1) dan Karakteristik Individu (X2) mempengaruhi tingkat kinerja karyawan (Y). Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMK Kartini, Jl. Kartini Raya no. 26, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan responden sebanyak 50 karyawan. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah lingkungan kerja dan karakteristik individu, variabel independen dalam penelitian ini  adalah kinerja karyawan. Pada penelitian ini instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan analisis data yang digunakan adalah SEM dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 3.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) tidak terdapat pengaruh signifikan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan namun memiliki pengaruh positif, 2) terdapat pengaruh signifikan antara karakteristik individu terhadap kinerja karyawan, 3) terdapat pengaruh signifikan antara lingkungan kerja terhadap karakteristik individu.

 

Kata Kunci : Lingkungan Kerja, Karakteristik Individu, Kinerja Karyawan


Full Text:

PDF

References


Abadylla, Harun Islami, and Subianto. (2013). “Pengaruh Lingkungan Kerja Karakteristik Individu Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Perguruan Tinggi Swasta IKIP PRGI Jember).” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1–14.

Aktarina, Destia. (2015). “Pengaruh Karakteristik Individu, Pekerjaan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Anggota Polri Di Polresta Palembang.” Jurnal Media Wahana Ekonomika 12(3):42–54.

Ananda, Sella Selvia, and Bambang Swasto Sunuharyo. (2018). “Pengaruh Karakteristik Individu Dan Karakteristik Pekerjaan Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Variabel Mediator Motivasi Kerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Pt Petrokimia Gresik).” Jurnal Administrasi Bisnis 58(1):67–76.

Anshori, Muslich, and Sri Iswati. Metodologi penelitian kuantitatif: edisi 1. Airlangga

University Press, (2019)..

Hanafi, Bayu Dwilaksono, and Corry Yohana. (2017). “Pengaruh Motivasi, Dan Lingkungan Kerja, Terhadap Kinerja Karyawan, Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada Pt Bni Lifeinsurance.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB) 5(1):73–89. doi: 10.21009/jpeb.005.1.6.

Hidayat, Rahmat, and Anna Cavorina. (2018). “Pengaruh Karakteristik Individu Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt Cladtek Bi Metal Manufacturing.” Journal of Applied Business Administration 1(2):337–47. doi: 10.30871/jaba.v1i2.617.

Kerja, Budaya. (2013). “Pengaruh Kedisiplinan, Lingkungan Kerja Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Pengajar.” Jurnal Economia 9(2):191–200. doi: 10.21831/economia.v9i2.1809.

Nisakurohma, Agustya Hariski. (2018). “Pengaruh Karakteristik Individu Danngan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan ( Studi Pada Karyawan PT Tigaraksa Satria Tbk Cabang Malang ).” Administrasi Bisnis 61(3):109–15.

Rahmawardani, Gabrella Bunga, Bambang Swasto Sunuharyo, and Fakultas Ilmu Administrasi. (2019). “Pengaruh Karakteristik Individu Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja (Studi Pada Karyawan PT. Gajah Tunggal, Tbk).” 73(2).

Subyantoro, A. (2009). Karakteristik individu, karakteristik pekerjaan, karakteristik organisasi dan kepuasan kerja pengurus yang dimediasi oleh motivasi kerja (studi pada pengurus kud di Kabupaten Sleman). Jurnal manajemen dan kewirausahaan, 11(1), 11-19.

Tambingon, C. K., B Tewal, I Trang, Bernhard Tewal, and Irvan Trang. (2019). “Pengaruh LIngkungan Kerja, Karakteristik Individu Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Coco Prima Lelema Indonesia.” 7(4):4610–19.




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v11i2.1880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.