ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN JASA TEKNOLOGI MODIFIKASI CUACA PADA UNIT PELAYANAN TEKNIS HUJAN BUATAN
Abstract
Kepuasan pelanggan adalah suatu keadaan dimana keinginan, harapan dan keperluan pelanggan dapat dipenuhi. Suatu pelayanan dinilai memuaskan apabila pelanggan dapat memenuhi kebutuhan sesuai dengan harapan. Ada beberapa faktor yang dapat dipertimbangkan oleh pelanggan dalam menilai suatu pelayanan, yaitu: ketepatan waktu, dapat dipercaya, kemampuan teknis, berkualitas dan harga yang sepadan. Tujuan penelitian ini menjelaskan indeks kepuasan pelanggan (customer satisfaction index - CSI). Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan survei pelanggan. Sampel penelitian adalah Instansi baik pemerintah (BUMN) dan instansi swasta yang pernah melakukan kontrak mitra kerja dengan UPT Hujan Buatan Sampel purposive sampling. Pengumpulan data dengan kuesioner dan analisis data dengan model Customer satisfaction index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Indeks Kepuasan Pelanggan pada pelayanan jasa TMC sebesar 78,67% dan nilai tingkat kesesuaian pelanggan sebesar 87,09%. Hal ini berarti bahwa 87,09% pelaksanaan kegiatan sudah sesuai dengan harapan pelanggan. Rekomendasi yang diajukan adalah suatu rekomendasi kepada manajemen UPT Hujan buatan yaitu: (1) Program Prioritas Utama: kesiapan dukungan pesawat yang serviceable, dukungan komunikasi dalam operasional TMC, Ketepatan pelaksanaan kegiatan operasional TMC sesuai dengan jadwal waktu yang telah ditentukan, Personil memiliki keterampilan (skill) yang berpengalaman, dan Bahan semai yang digunakan dalam operasional TMC ramah lingkungan, (2) Program Prestasi yang dipertahankan: dukungan informasi data radar yang akurat, ketersediaan bahan semai yang memadai, kompetensi personil, akuntabilitas administrasi, dan kemudahan memperoleh informasi.
Kata Kunci: Teknologi Modifikasi Cuaca, Kepuasan Pelanggan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.52643/jam.v6i2.186
Refbacks
- There are currently no refbacks.
StatCounter
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.