PENGARUH PELATIHAN DOSEN TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI BAHASA INGGRIS MAHASISWA PERAWAT PADA LEMBAGA EPN-CONSULTANT (Studi Korelasi Pada Lembaga EPN-Consultant, Jakarta)

CH Memi Handayani, Ahmadun Ahmadun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pelatihan Dosen terhadap Pencapaian Kompetensi Bahasa Inggris Mahasiswa Perawat pada Lembaga EPN-Consultant.

Jumlah sampel adalah 10 – 20% dari anggota populasi sebanyak 40 responden ini telah memenuhi konsep keterwakilan, karena seperti  diutarakan oleh Arikunto (2006: 134).[1] Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Lalu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Pembobotan kuesioner menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan Uji Korelasi, Uji Regresi dan Uji t. Dari hasil perhitungan skala likert terhadap pendapat responden diketahui bahwa untuk variabel pelatihan dosen memiliki respon bagus sekali dari para responden dengan skor rata-rata 133, sedangkan dari variabel kompetensi mahasiswa memiliki respon baik dari para responden dengan skor rata-rata 124.

Kesimpulan bahwa hubungan antar variabel pelatihan dosen (X) dengan kompetensi mahasiswa (Y) memiliki nilai korelasi sebesar 0.792 dengan nilai signifikansi sebesar 0.000. Hal ini menunjukkan hubungan yang kuat dan positif antara variabel X (pelatihan dosen) terhadap variabel Y (kompetensi mahasiswa). Uji determinasi diperoleh nilai determinasi sebesar sebesar 0,627. Hal ini berarti bahwa variasi naik turunnya nilai kompetensi mahasiswa sebesar 62,7 % dipengaruhi oleh faktor pelatihan dosen, sedang sebesar 37,3% variasi naik turunnya nilai kompetensi mahasiswa dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian.Hipotesis yang menduga terdapat pengaruh antara pelatihan dosen terhadap kompetensi mahaiswa terbukti secara signifikan atau dapat diterima secara statistik.

 Kunci : Pelatihan Dosen, Kompetensi Mahasiswa


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v6i1.181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.