Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention Generasi Milenial pada Produk Pangan Organik

Trikadibusana Trikadibusana, Anindya Angelina, Laurentia Verina Halim Secapramana

Abstract


Produk pangan organik merupakan produk yang semakin diminati oleh generasi milenial. Generasi milenial telah memasuki usia produktif dan akan menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. Penelitian ini mengungkap faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli generasi milenial pada produk pangan organik. Theory of planned behavior dipilih sebagai kerangka teori utama pada penelitian ini bersama dengan beberapa variabel lain (environmental concern dan health consciousness) yang ditambahkan dalam model penelitian untuk memperluas penerapan theory of planned behavior. Data diperoleh dari dua ratus sebelas responden dan data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived behavioral control, attitude, dan health consciousness berpengaruh positif dengan hasil signifikan terhadap minat beli. Namun, subjective norm dan environmental concern ditemukan tidak memiliki pengaruh positif terhadap minat beli generasi milenial pada produk pangan organik.

Full Text:

PDF

References


Pham, T. H., Nguyen, T. N., Phan, T. T. H., & Nguyen, N. T. Journal of Strategic Marketing 27, (2018) 540-556.

Yadav, R., & Pathak, G. S. Appetite 96, (2016) 122-128.

Budiati, I., Susianto, Y., Adi, W. P., Ayuni, S., Reagan, H. A., Larasaty, P., Setiyawati, N., Pratiwi, A. I., & Saputri, V. G. Statistik gender tematik: Profil generasi milenial Indonesia, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Jakarta, 2018.

Molinillo, S., Branco, M. V., & Japutra, A. Journal of Retailing and Consumer Services 52, (2019) 1-9.

Maichum, K., Parichatnon, S., & Peng K. C. Sustainability 8, (2016) 1-20.

Liu, M. T., Liu, Y., & Mo, Z. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics 32, (2020) 1823-1841.

Saleki, R., Quoquab, F., & Mohammad, J. Journal of Agribusiness in Developing and Emerging Economies 9, (2019) 584-603.

Wang, X., Pacho, F., Liu, J., & Kajungiro, R. Sustainability 11, (2019) 1-18.

Katt, F., & Meixner, O. Foods 9, (2020) 1-13.

Baudry, J., Péneau, S., Allès, B., Touvier, M., Hercberg, S., Galan, P., Amiot, M. J., Lairon, D., Méjean, C., & Guyot, E. K. Nutrients 9, (2017) 88-104.

Dangi, N., Gupta, S. K., & Narula, S. A. Management of Environmental Quality 31, (2020) 1515-1530.

Chu, K. M. Sustainability 10, (2018), 1-15.

Ajzen, I. Organizational Behavior and Human Decision Processes 50, (1991) 179-211.

Ajzen, I [Ed.]. From intentions to actions: A theory of planned behavior, Springer-Verlag, Berlin, 1985.

Ngoc, T. P. B., & Buavaraporn, N. UTCC International Journal of Business and Economics 11, (2019) 113-127.

Rahman, K. M., & Noor, N. A. M. International Business Management 10, (2016) 4292-4300.

Schultz, P. W., Gouveia, V. V., Cameron, L. D., Tankha, G., Schmuck, P., & Franek, M. Journal of Cross-Cultural Psychology 36, (2005) 457–475.

Moser, A. K. Journal of Retailing and Consumer Services 31, (2016) 389-397.

Zikmund, W. G., Babin, B. J., Carr, J. C., & Griffin, M. Business Research Methods 8th ed, South-Western College Pub, New York, 2009.

Pacho, 2020. British Food Journal 122, (2020) 3695-3709.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. Multivariate Data Analysis 7th ed, Pearson Education Limited, London, 2014.

Huang, C. C., Wang, Y. M., Wu, T. W., & Wang, P. A. International Journal of Information and Education Technology 3, (2013) 217-221.

Ajzen, I. Rivista Di Economia Agraria 70, (2015) 121-138.

Paul, J., Modi, A., & Patel, J. Journal of Retailing and Consumer Services 29, (2016) 123-134.

Melović, B., Dabić, M., Rogić, S., Đurišić, V. and Prorok, V. British Food Journal 122, (2020) 1130-1155.




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v11i1.1279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.