Pengaruh Game Berbasis Coding Terhadap Keberlanjutan Minat Belajar Programming Siswa di Batam, Indonesia

Yudi Hartanto

Abstract


Perkembangan teknologi informasi sudah bukan cerita yang baru lagi, perkembangan minat pelajar terhadap program studi Ilmu Komputer pun terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Sejak 1980 data statistik Amerika Serikat menunjukkan adanya peningkatan masif pada pendaftaran siswa pada bidang studi Ilmu Komputer. Namun peningkatan tersebut tidak didorong metode pembelajaran yang efektif, sehingga sejumlah pelajar kala itu gagal melanjutkan pembelajarannya ke tahap lanjut. Menghadapi fenomena ini, peneliti berbondong-bondong mencari metode pembelajaran yang efektif, dan menemukan bahwa bermain game berbasis coding dapat meningkatkan minat belajar pemrograman. Metode ini akhirnya banyak dipraktekkan hingga kini. Pelajar Ilmu Komputer, khususnya pemrograman di Kota Batam sebagai target penelitian merupakan penghuni salah satu daerah yang berbatasan langsung dengan negara Singapura dan Malaysia. Dengan segala keunikan dan kesempatan untuk “mencicipi” permainan dari negara maju seperti Singapura, apakah metode pembelajaran berbasis coding games masih akan efektif? Hasil penelitian penulis membuktikan bahwa kepuasan bermain dan kebergunaan suatu permainan secara signifik memengaruhi kepuasan pemain, kemudian keberlanjutan minat belajar juga dipengaruhi secara signifik oleh kepuasan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jti.v6i1.845

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

 

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.