PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN KENDARAAN MILITER DENGAN AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN MARKER BASED TRACKING

Wahyu Satria Aji

Abstract


Perkembangan teknologi saat ini kian bervariasi dan memunculkan berbagai inovasi, salah satunya adalah penggunaan media auugmented reality. Teknologi augmented reality memadukan antara seni 2 dimensi dan 3 dimensi, dimana objek 2 dimensi menjadi sebuah marker  yang  nantinya akan menampilkan objek dalam bentuk 3 dimensi. Dalam penelitian ini membahas mengenai aplikasi augmented reality menggunakan prinsip marker based tracking untuk mengenalkan berbagai macam kendaraan militer yang ada, mengingatnya minimnya pengetahuan  wawasan mengenai kendaraan-kendaraan menjadi salah satu alasan untuk melakukan penelitian ini. Aplikasi ini diimplementasikan sebagai media untuk membantu dalam melihat sekaligus mengenalkan berbagai macam objek kendaraan militer melalui sebuah media augmented reality. Pembuatan aplikasi ini menggunakan software Unity Engine versi 2019.2.16f1 yang dilengkapi dengan Vuforia SDK. Aplikasi ini dibuat melalui beberapa tahapan, diantaranya dimulai dengan perancangan UI aplikasi, lalu memasukkan objek 3 dimensi kedalam Unity Engine, pembuatan marker dengan Vuforia, dan tahapan yang terakhir adalah pengujian aplikasi menggunakan smartphone. Hasil aplikasi ini nantinya akan diimplementasikan dalam ekstensi (.apk) yang dapat digunakan di perangkat berbasis android. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat menciptakan media yang  menarik dengan augmented  reality menggunakan marker based tracking untuk mengenalkan berbagai macam kendaraan militer yang ada.

 

Kata kunci: Kendaraan Militer, Augmented Reality, Marker Based Ttracking, Android


Full Text:

PDF

References


K. C. Brata and A. H. Brata, “Pengembangan Aplikasi Mobile Augmented Reality untuk Mendukung Pengenalan Koleksi Museum,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 3, p. 347, 2018.

I. D. Perwitasari, “Teknik Marker Based Tracking Augmented Reality untuk Visualisasi Anatomi Organ Tubuh Manusia Berbasis Android,” INTECOMS J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 8–18, 2018.

Unity3D, “Unity Engine,” 2019. [Online]. Available: https://unity3d.com/get-unity/download. [Accessed: 20-Dec-2019].

Unity Asset Store, “Unity Asset Store,” 2019. [Online]. Available: https://assetstore.unity.com/packages/templates/packs/vuforia-core-samples-99026. [Accessed: 20-Dec-2019].

Vuforia, “Vuforia Developer Portal,” 2019. [Online]. Available: https://developer.vuforia.com/vui/develop/. [Accessed: 20-Dec-2019].




DOI: https://doi.org/10.52643/jti.v6i1.690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

 

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.