Sistem Informasi Skincare (SICARE) Berbasis Website Menggunakan Metode Waterfall

Annisa Kusuma Dewi, Desi Widyawati, Risky Prayoga

Abstract


Hari Hari Store adalah usaha yang berkembang di bidang kosmetik atau kecantikan. Produk yang berada di Hari-Hari Store ini berupa skincare, hair care, bodycare, dan lain-lain. Saat ini, industri kosmetik di Indonesia mengalami pertumbuhan pesat didorong oleh meningkatnya kesadaran akan pentingnya penampilan dan perawatan diri, serta kemudahan akses informasi dan teknologi yang ada untuk melakukan belanja secara online. Namun, konsumen seringkali mengalami kesulitan dalam memilih produk yang sesuai dengan kondisi kulit mereka, terutama saat berbelanja online atau di toko konvensional dengan keterbatasan tenaga ahli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk implementasi dan hasil pengujian sistem informasi skincare berbasis website di Hari-Hari Store. Penelitian ini menggunakan model waterfall yang memiliki tahapan analisis kebetuhan, perancangan sistem, implementasi, dan testing untuk merancang dan membuat sistem informasi skincare berbasis website. Pada tahap analisis kebutuhan akan dilaksanakan dengan cara melakukan observasi lokasi dan wawancara terhadap karyawan toko, hasil yang didapat ialah pada peningkatan jumlah produk skincare dan kekurangannya tenaga ahli untuk membantu konsumen. Kemudian implementasi yang dihasilkan pada penelitian ini adalah sebuah sistem yang dapat menampilkan informasi produk dan melakukan pemesanan online sehingga dapat membantu hari-hari store dalam proses penjualan dan juga membantu konsumen dalam melakukan pemesanan secara online.

Full Text:

PDF

References


M. Clendenan, Fresh Air, Clean Water: Our Right to a Healthy Environment, Victoria, BC: Orca Book Publishers, 2001.

T. Sutabri, Konsep Sistem Informasi, Yogyakarta: Andi, 2012.

A. Junaedi, “Penerapan Website E-Commerce untuk Meningkatkan Penjualan pada Toko Busana Nesia, “JISAMAR, vol.9, no.2, pp. 101-108, 2023.

M. W. Pamungkas and R. H. Wulandari, “Penerapan UI/UX pada Aplikasi Peminjaman Buku Berbasis Web, “Jurnal Ilmiah INTENSIF, vol. 6, no. 2, pp. 240-248, 2022.

A. S. Putri, “Perancangan dan Pengembangan Sistem Penjualan Berbasis Website (Studi Kasus: Toko Azza Beauty),”Jurnal Jatilima, vol. 1, no. 2, pp. 45-52, 2023.

S. Rura, “Sistem Informasi Inventori Produk Kosmetik Berbasis Web dengan Waterfall Model,”Jurnal Technopreneur (Jtech), vol. 3, no.

, pp. 27-35, 2023.

S. Siregar, “Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Penjualan Berbasis Web (Studi Kasus: Toko Win Glowing),JAHE (Jurnal Aplikasi dan Hasil Penelitian Teknik Informatika), vol. 4, no. 1, pp. 1-8, 2023.

D. Lestari and M. A. Huda, “Penerapan Fitur Login dan Keamanan Data pada Sistem Informasi Sekolah, “Gema Jurnal, vol. 4, no. 3, pp. 60-67, 2023.

. N. Risky and A. Saputra, “Pengembangan UI/UX Website Informasi Wisata Menggunakan Figma dan HTML, “SINTAMAI, vol. 5, no. 2, pp. 55-64, 2023.

A. R. Hasanah, “Analisis dan Perancangan Sistem Peminjaman Buku Berbasis Web, “ARMADA: Jurnal Keilmuan dan Pengembangan Teknologi, vol. 2, no. 1, pp. 33-40, 2023.




DOI: https://doi.org/10.52643/jti.v11i1.6241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

 

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.