Penggunaan Aplikasi Capcut Dalam Pembuatan Video Pembelajaran Materi Tanggung Jawab dan Disiplin

Nuraridha Sofia Sulistyo, Dian Dessy Laura Rukmana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menggunaan aplikasi Capcut dalam pembuatan video pembelajaran pendidikan agama Islam materi tanggung jawab dan disiplin. Jenis penelitian pada penelitian ini menggunakan jenis/pendekatan penelitian yang berupa Studi Kepustakaan (Library Research). Studi kepustakaan yang berarti teknik pengumpulan data dengan melakukan penelaahan terhadap buku, literatur, catatan, artikel, serta berbagai laporan yang berkaitan dengan masalah yang ingin dipecahkan. Data yang terkumpul kepustakaan kemudian dianalisis dengan metode kualitatif. Penggunaan CapCut dalam mengedit video pembelajaran materi tanggung jawab dan disiplin ini, dimana dalam video tersebut menggambarkan bagaimana orang yang bertanggung jawab dan disiplin dalam mengerjakan tugas yang diberikan dosen kepada mahasiswa. Berdasarkan laporan hasil pembuatan video pembelajaran materi tanggung jawab dan disiplin lebih bagus diedit menggunakan CapCut, dikarenakan mudah dipahami dan digunakan oleh pengedit video. Terdapat kendala pada saat pra produksi hingga akhir produksi video pembelajaran dan sudah teratasi.


Full Text:

PDF

References


Aan Yuliyanto, Agistia Fadriyah, Karisa Puspa Yeli, Hayani Wulandari. (2018). PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA SD. Metodik Didaktik: Vol. 13 No. 2

Awwaliyah. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN MASA KINI: APLIKASI PEMBUATAN DAN KEGUNAANNYA. Jurnal PGMI, Vol. 4, No. 2

Chairil Faif Pasani, Elli Kusumawati, Delya Imanisa. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MEMBINA KARAKTER TANGGUNG JAWAB DAN DISIPLIN. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.6, NO.2

Fimier Liady, Jasiah, Elfa Fitria, Novia Anggraeni, Helda Oktarina, Safira Nurlita. (2022). PENDAMPINGAN LITERASI TEKNOLOGI. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.02, No.01

Gina Aprilliana, Roy Efendi. (2022). PENGGUNAAN APLIKASI CAPCUT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS IKLAN PADA SISWA KELAS VIII SMPN 4 JAMPANGTENGAH KABUPATEN SUKABUMI. Triangulasi Jurnal Pendidikan: Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajaran, Vol.02, No.02

Khovadli Ocvando, Minhaji, Abd Muqit, Luluk Maktumah. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADIST POKOK BAHASAN METERI INFAQ DAN SEDEKAH KELAS III MTs. edupedia, Vol.07, No.01

Lina Novita, Elly Sukmanasa, Mahesa Yudistira Pratama. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, Vol. 3, No. 2.

Luvita Fariska Deriyan, Nurmairina. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI CAPCUT DI KELAS V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA), Vol. 07, No. 01.

Mochammad Ilyas Pratama, Shokhibul Arifin, Ika Puspitasari. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi CapCut Pada Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 8 SMP/MTs tentang Sujud. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Vol.07, No.01.

Putu Darma Wisada, I Komang Sudarma, Adr. I Wayan Ilia Yuda S. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology. Vol. 3 No.3, 141.

Unik hanifah Salsabila, Maulida Nurus Sofia, Hilda Putri Seviarica, Maulida Nurul Hikmah. (2020). URGENSI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR. Insania, Vol.25, No.2.




DOI: https://doi.org/10.52643/jti.v10i1.3141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

 

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.