Multimedia Interaktif Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Berbasis Adobe Flash
Abstract
Dalam dunia pendidikan, teknologi informasi banyak dimanfaatkan untuk media pembelajaran di sekolah yang melibatkan guru dan siswa. Media pembelajaran menggunakan komputer lebih handal dibanding media lain. Komputer mampu menyalurkan, menyimpan dan memproses informasi, sehingga apabila digunakan dalam proses pembelajaran menjadi efektif, komunikatif dan efisien. Selain memiliki kemampuan pengelolaan informasi yang canggih, komputer juga memiliki unsur multimedia seperti: animasi, audio, video, gambar. Penggunaan komputer multimedia dapat meningkatkan ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran, serta mengurangi kejenuhan, khususnya pada pelajaran yang di anggap sulit seperti matematika. Namun demikian, beberapa sekolah masih menggunakan media pembelajaran konvensional. Oleh karena itu dalam penelitian ini dilakukan perancangan multimedia interaktif pembelajaran matematika bangun ruang berbasis adobe flash. Metode yang digunakan Model Multimedia Life Cycle (MDLC) yang meliputi tahapan concept, design, material collecting, assembly dan distribution. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi multimedia interaktif pembelajaran matematika bangun ruang berbasis adobe flash. Metode black box testing yang digunakan untuk pengujian aplikasi.
Kata kunci : multimedia, interaktif, pembelajaran, matematika, bangun ruang
Full Text:
PDFReferences
Darsono, Max, dkk. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.
Iwan, B. 2010. Multimedia Digital Dasar Teori + Pengembangan. Yogyakarta: ANDI
Munir, 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan, Yogyakarta
Runtulalu, D.,
Liliana, L., Purba, K,R. (2015). Media Interaktif Pembelajaran Sistem Pencernaan. Jurnal Infra. 3(2), pp.103 - pp.108
Suharjana, A. 2008. Pengenalan Bangun Ruang Dan Sifat-Sifatnya Di SD. Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Matematika. Yogyakarta
Sutopo, Ariesto Hadi. 2003. Multimedia Interaktif Dengan Flash. Penerbit Graha Ilmu.Jakarta
DOI: https://doi.org/10.52643/jti.v8i2.2773
Refbacks
- There are currently no refbacks.
StatCounter
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.