Rancang Bangun Aplikasi E-Arsip Surat Masuk dan Keluar Berbasis Website Pada Balai Besar Pelatihan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Jakarta

Ahmad Miftaqul Khoirin, Tony Sugiarso

Abstract


Pengarsipan surat masuk dan keluar pada Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Jakarta belum terkomputerisasi sehingga memerlukan banyak waktu pada proses pencarian data, pembuatan laporan dan berkas rentan hilang atau rusak untuk itu perlu adanya rancang bangun aplikasi e-arsip surat masuk dan keluar berbasis website sehingga efektif dan efisien. Metodologi penelitian ini mengumpulkan data terlebih dahulu. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Untuk tahap selanjutnya yaitu pengembangan sistem menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC)  dengan Model Waterfall. Aplikasi E-Arsip Surat yang dibangun sangat membantu staf administrasi dalam pengarsipan surat masuk dan keluar sehingga dapat mempercepat proses pencarian data dan pembuatan laporan surat masuk maupun surat keluar.

Kata Kunci : surat, arsip, administrasi ,Website

           

 


Full Text:

PDF

References


Abdul, Kadir. 2014. Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta : Andi.

Adani, Muhammad Robith. (22 Juni 2021). Ketahui Apa itu Data Flow Diagram (DFD) Beserta Jenis dan Fungsinya. https://www.sekawanmedia.co.id/blog/pengertian-dfd/ .

Arsip. https://id.wikipedia.org/wiki/Arsip . Diakses pada 15 April 2022

A.S., Rosa dan Shalahuddin, M. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Barthos, B. (2013).Manajemen Kearsipan.Jakarta: Bumi Aksara.

Edy Winarno, Ali Zaki, SmithDev. 2014. Pemrograman Web Berbasis HTML5, PHP, dan JavaScript. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Gordon B. Davis, 1991. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen Bagian 1, Jakarta: PT Pustaka Binamas Pressindo.

Ikasari Indri, Setiawati Donna, dan Kristiani Dwi. 2020. Membangun Aplikasi Pengelolaan Surat Berbasis WEB pada SMK Negeri 1 Boyolali. ITU : Journal Informatic Technology And Communication Vol. 4, No. 1

Imelda Sari, Putri. 2018. SISTEM INFORMASI PENGARSIPAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR DI NOTARIS DEBORA EKAWATI LUKMAN DADALI. Skripsi. Batam. SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (STMIK) GICI

Jogiyanto. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan tersruktur teori dan praktik aplikasi bisnis. Yogyakarta : Andi.

PARARUK, LIN. 2020. RANCANG BANGUN APLIKASI PENGARSIPAN SURAT MASUK DAN KELUAR PADA KANTOR DESA TOKKE. Skripsi. Sulawesi Selatan. UNIVERSITAS COKROMINOTO PALOPO

Perry, W. E. 2006. Effective Methods for Software Testing 3rd.Indianapolis,Indiana: Wiley Publishing, Inc.

Rizky, Dimas. (30 April 2019). Jenis Flowchart dan Simbol-Simbolnya. https://medium.com/dot-intern/jenis-flowchart-dan-simbol-simbolnya ef6553c53d73.

Republik Indonesia. 2020. Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI Nomor 22 Tahun 2020, Tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi. Jakarta.

Republik Indonesia. 2020. Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI Nomor 17 Tahun 2020, Tentang Rencana Strategis Kementerian Desa, Pembagunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Tahun 2020-2024. Jakarta.

R. S. Pressman, 2009. Software Engineering A Practitioner’s Approach 7th Ed - Roger S. Pressman.

Setiawan, Rony. (28 July 2021). Metode SDLC Dalam Pengembangan Software. https://www.dicoding.com/blog/metode-sdlc/ .

Sidik, Betha. 2014. Pemrograman Web dengan PHP Revisi Kedua. Bandung : Informatika Bandung

Surat. https://id.wikipedia.org/wiki/Surat. Diakses pada 15 April 2022.




DOI: https://doi.org/10.52643/jti.v8i2.2724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

 

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.