Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi AWAN (Application on Weather Analysis Through Cloud Images Classification) Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking

Iffah Fadhilah, Suprih Widodo, Aqmal Idris Zarkasih, Jidan Fikri, Kurnia Mayestic Gulo, Miftahul Donny Sanjaya

Abstract


Perkembangan teknologi yang semakin cepat menciptakan berbagai produk aplikasi. Aplikasi yang dibuat bertujuan untuk memudahkan informasi dan kemudahan aktvitas. Informasi cuaca adalah hal yang penting untuk memudahkan masyarakat mengantisipasi berbagai kegiatan di luar untuk membuatnya menjadi efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memudahkan masyarakat memprediksi cuaca melalui foto awan secra real time untuk mengetahui kemungkinan hujan pada hari itu, sehingga dapat membawa suatu hal yang dibutuhkan sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Design Thingking yang terdiri dari tahap emphasize, define, ideate, prototype, dan testing. Ada pun hasilnya menunjukan bahwa Direct Success (Penguji yang menyelesaikan misi melalui jalur yang diharapkan) sebesar 66.96%, Indirect Success (Penguji yang menyelesaikan misi melalui jalur yang tidak terduga) sebesar 29.2%, dan Give Up/Bounce (Penguji yang meninggalkan atau menyerah misi) sebesar 3.9%. Harapannya adalah aplikasi ini dapat berguna untuk mengantisipasi kegiatan di luar rumah yang berkaitan dengan kedala cuaca.

 

Kata kunci: Design Thinking, Mobile, Teknologi


Full Text:

PDF

References


Rahmatika A. Memanfaatkan Teknologi Dalam Melestarikan Budaya Untuk Kemajuan Bangsa. :8.

Mansyur M. AL-ALLAM : Junal Pendidikan. :6.

Sulistianingsih I, Suherman S, Pane E. Aplikasi Peringatan Dini Cuaca Menggunakan Running Text Berbasis Android. IT J Res Dev. 2019 Mar 11;3(2):76–83.

Razi AA, Mutiaz IR. Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Ui/Ux Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan Dan Temuan Barang Tercecer. 2018;3(2):19.

Fariyanto F, Ulum F. Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan). J Teknol Dan Sist Inf. 2(2):9.

Lee SC, Nadri C, Sanghavi H, Jeon M. Eliciting User Needs and Design Requirements for User Experience in Fully Automated Vehicles. Int J Human–Computer Interact. 2022 Feb 7;38(3):227–39.

Tahri M, Maanan M, Tahri H, Kašpar J, Chrismiari Purwestri R, Mohammadi Z, et al. New Fuzzy-AHP Matlab based graphical user interface (GUI) for a broad range of users: Sample applications in the environmental field. Comput Geosci. 2022 Jan;158:104951.

Setiyani L, Tjandra E. UI / UX Design Model for Student Complaint Handling Application Using Design Thinking Method (Case Study: STMIK Rosma Karawang). Int J Sci Technol Manag. 2022 May 18;3(3):690–702.

Hutauruk AC, Pakpahan AF. Perancangan Sistem Informasi Organisasi Kemahasiswaan Berbasis Web pada Universitas Advent Indonesia Menggunakan Metode Agile Development (Studi Kasus: Universitas Advent Indonesia). 2021;7:14.




DOI: https://doi.org/10.52643/jti.v8i1.2284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

 

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.