Perancangan Aplikasi “ AKSES” Sebagai Upaya Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan Seksual

Hani Hamidah, Suprih Widodo

Abstract


Seiring meningkatnya kasus kekerasan seksual yang sering terjadi Indonesia diakibatkan oleh berbagai banyak hal.Diantaranya  adalah karena masih berkembangnya budaya patriaki,dan korban yang masih takut untuk melapor karena takut dihakimi oleh masyarakat. Kurangnya kesadaran masyarakat untuk mengedukasi diri menjadi masalah yang dalam pencegahan kekerasan seksual.Maka dari itu penulis berusaha untuk memberikan solusi dengan inovasi pengembangan aplikasi bernama AKSES(Anti Kekerasan Seksual) .Adapun metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlu diadakannya perancangan skema aplikasi yang dibutuhkan oleh pengguna. Selain itu diperlukan pula sosialisasi mengenai bahaya melakukan kekerasan seksual dan kejahatan seksual untuk mengurangi kasus kekerasan seksual.

Full Text:

PDF

References


CECEP, C., & Humaedi, S. (2018). MENGATASI DAN MENCEGAH TINDAK KEKERASAN SEKSUAL PADA PEREMPUAN DENGAN PELATIHAN ASERTIF. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 5(1), 48-55.

Hellen,Sonya(2022)UU TPKS Disahkan, Tonggak Awal Penghapusan Kekerasan Seksual.Kompas.id

https://www.kompas.id/baca/dikbud/2022/04/12/uu-tpks-disahkan-perjuangan-untuk-korban-masih-panjang?utm_source=bebasakses_kompasid&utm_medium=whatsapp_shared&utm_content=sosmed&utm_campaign=sharinglink

Magdalene(2022). Yang Ideal Dari Pendidikan Seks Komprehensif Remaja.Magdalene Publishing,

https://magdalene.co/story/yang-ideal-dari-pendidikan-seks-komprehensif-remaja

Sayadi, D. P., & Khatami, M. I. (2020). WOMEN PROTECTING SYSTEM (WPS): APLIKASI DIGITAL START UP PELINDUNG DARI KEKERASAN DAN KEJAHATAN SEKSUAL TERHADAP PEREMPUAN. Jurnal PENA: Penelitian dan Penalaran, 7(1), 12-22.

Suliyanto, S. E., & MM, S. (2017). Metode penelitian kuantitatif.




DOI: https://doi.org/10.52643/jti.v10i1.2229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

 

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.