Kecanduan Smartphone Dengan Kepercayaan Diri Pada Remaja Usia 12-15 Tahun Tingkat Sekolah Menengah Pertama Di Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur

Lily Noor Filaili, Hafna Rosyita, Peni Rahmawati Handayani

Abstract


Kecanduan smartphone berhubungan positif dengan kepercayaan diri remaja, hal ini dipengaruhi faktor materialisme yang ada pada remaja (Wang, et al., 2018). 

Ada penelitian yang menemukan hubungan tidak langsung antara screen time yang berlebih (smartphone over use) yang berubah menjadi kebiasaan menetap yaitu kecanduan smartphone dengan kepuasan pertemanan dan kepercayaan diri (self esteem) pada remaja perempuan. Perbedaan konsumsi jenis sosmed mempengaruhi level self esteem. Konsumsi sosmed bagi remaja dengan latar belakang sosioekonomi (SES) rendah lebih tinggi dibandingkan remaja berlatar belakang SES tinggi (Braig, et al; 2018).

Penggunaan screen time yang berlebih seperti kecanduan smartphone karena mengakses media sosial berkaitan dengan kejadian pelecehan secara online, kurang tidur, kepercayaan diri rendah dan status BMI yang buruk pada remaja. Faktor-faktor resiko tersebut dapat meningkatkan remaja terkena gejala depresi (Kelly, Zilanawala, Booker, & Sacker., 2018).

Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Remaja melakukan pengisian kuesioner Smartphone Addiction Proness Scale (SAPS) dan Rosenberg Self Esteem Scale.

Kata Kunci : Smartphone, percayadiri, remaja


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jti.v7i2.1905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

 

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.