Prototype Helm Monitoring Udara Pada Industri Berbasis Internet Of Things

Alfie Syahri, Ramadhani Ulansari

Abstract


Udara merupakan bagian terpenting bagi semua makhluk hidup. Pada udara terdapat beberapa gas yang membuat makhluk hidup bertahan hidup, maka dari itu kualitas udara sangat berpengaruh bagi makhluk hidup di muka bumi ini. Seiring perkembangan zaman, kualitas udara yang baik kini kian sulit untuk ditemukan terutama pada wilayah perkotaan apalagi yang memiliki kawasan industri. Oleh karena itu, diperlukan informasi tentang kualitas udara agar pekerja industri dapat mengetahui kualitas udara yang mereka hirup. Pada penelitian ini akan di monitoring udara yang ada dalam suatu industri. Zat pencemar udara yang dipantau yaitu gas LPG, gas CO dan asap menggunakan ESP8266 NodeMCU, buzzer dan ThingSpeak yang nanti hasilnya akan diperlihatkan di website.

Kata Kunci: Gas, Helm, IoT, NodeMCU, Sensor, ThingSpeak


Full Text:

PDF

References


Handayani, Sri,. Hadiansa, Atma,. Masrizal. (2017). “RANCANGAN APLIKASI PENGUKUR TINGKAT POLUSI UDARA BERBASIS ARDUINO UNO R3 DAN WEB.” MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA. 1, 3.

Oktaviana Sari, Linna,. Safrianti, Ery,. Sirait, Rummi. (2014). “ANALISA RESPON DAN SENSITIFITAS ALAT DETEKSI KADAR POLUTAN KARBON MONOKSIDA (CO) DI UDARA DENGAN SENSOR TGS 26.” Arsitron. 5, 1.

Abdul Kodir. (2013). Panduan praktis mempelajari aplikasi mikrokontroler dan pemrogramannnya menggunakan arduino. Andi Publisher: Jakarta.

Pratiwi, Nana Dwi. Apa itu Module NodeMCU ESP8266?. URL : https://www.nyebarilmu.com/apa-itu-module-nodemcu-esp8266/.

Diakses tanggal 8 Agustus 2018.




DOI: https://doi.org/10.52643/jti.v7i2.1903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

 

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.