PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI “KANTIN ONLINE” BERBASIS ANDROID

Atik Nalariza, Tony Sugiarso

Abstract


Aktivitas manusia yang terus meningkat dan telah menyita waktu menuntut banyak restoran atau tempat makan untuk menyediakan layanan pemesanan dan pengiriman makanan ke tempat pemesan dengan menggunakan mobile apps. Saat ini pelayanan kantin urindo belum memadai yaitu salah satunya mengenai pelayanan pemesanan. Berdasarkan representasi student body dari mahasiswa urindo yang cukup banyak mengenai pelayanan kantin, maka penulis betujuan melakukan penelitian perancangan aplikasi pada platform android yang dapat memproses pemesanan makanan dan minuman yang memberdayakan warteg-warteg yang ada disekitar kampus. Penelitian ini menggunakan System Development Life Cycle model Structured Design Waterfall sebagai skema siklus pengembangan sistem dan menggunakan Unified Modelling Language (UML) sebagai rancangan pemodelan. Aplikasi dibangun menggunakan Eclipse sebagai editor pemrograman java android. Hasil akhir berupa aplikasi pemesanan makanan dan minuman. Aplikasi ini mempunyai beberapa fitur diantaranya, melihat menu makanan dan minuman, menampilkan harga makanan dan minuman, input  order, serta memproses pemesanan makanan dan minuman. Aplikasi kantin online berguna bagi pengguna untuk memesan makanan dan minuman dengan cepat melalui smartphone android. Saran  hendaknya aplikasi ini dapat di terapkan di Universitas Respati Indonesia dan di instirusi lain yang sejenis.

 Kata Kunci             : Pemesanan, kantin, Android, UML.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jti.v2i2.147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

 

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.