PERANCANGAN APLIKASI LAYANAN E-KONSULTASI AKADEMIK KEMAHASISWAAN PADA FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS RESPATI INDONESIA

Melita Kusmadiani, Jenih Jenih, Tony Sugiarso

Abstract


Saat ini layanan untuk konsultasi mahasiswa yang ada di fakultas teknologi informasi masih menggunakan pencatatan dan dilakukan dengan cara tatap muka, dimana cara ini memang efektif, tetapi belum ada monitoring, dan buku konsultasi yang tidak tersimpan dengan baik, sehingga perlu dibuatnya Aplikasi Layanan E-Konsultasi Akademik Kemahasiswaan Berbasis Website. Aplikasi tersebut untuk memonitoring dan mengevaluasi permasalahan mahasiswa dalam bimbingan akademik kemahasiswaan dalam konsultasi secara efektif dan efisen  dengan pemanfaatan teknologi. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam pembuatan sistem ini adalah Model Waterfall. Aplikasi Sistem Layanan E-Konsultasi diharapkan mampu mencatat data konsultasi mahasiswa lebih akurat, tidak mudah rusak maupun hilang sehingga memberikan kinerja layanan yang baik seperti yang di harapkan.

 

Kata Kunci : e-konsultasi, akademik,layanan


Full Text:

PDF

References


Absurrasyid, Efy Yosrita. Fikri Amarullah. Sistem E-Konseling web upaya meningkatkan kualitas bimbingan akademik kemahasiswaan. Jurnal Ilmiah FIFO, STT PLN, Jakarta.

Ary Budi Warsito, Untung Rahardja. Dwi Maya Suningsih. Pengembangan konsultasi sebagai monitoring pelayanan dosen dan mahasiswa. STMIK Rahardja, 14 Juni, Jakarta.

Azhar ohi, Yusi Tyroni dan Djoko Pramono. Pengembangan Sistem Informasi Penjadwalan Tatap Muka dan Konsultasi Mahasiswa dengan Dosen Fakultas Teknologi Informasi Universitas Brawijaya. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Vol.3,No.6. juni 2019, hlm.5565-5572

Doni Adriyansyah. 2017. Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru Online Dengan PHP dan BOOTSTRAP. CV ASFA Solution, Software Development, IT & Publishing, Cirebon.

Drs.Tri Rsma. 2015. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Karya Agung, Surabaya.

Fathansyah, Freddy. 2015. Basis Data Revisi kedua. Informatika Bandung, Jawa- Barat.

Hartono, Jogiyanto. 2005. Analisa dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Aplikasi Bisnis. Andi, Yogyakarta.

Ir.Harianto. 1993. Konsep Dan Perancangan Database. Andi Offsety.Yogyakarta

Nugroho, Adi Sulistyo. 2015. Analisis dan perancangan Sistem Informasi. Trans Tekno, Yogyakarta.

Sri Handayaningsih, Wahyudi Pujianto. Sistem Konsultasi Dan Laporan Pembimbing Tugas Akhir. Seminar nasional Informatika 2010. UPN “Veteran” Yogjakarta, 22 Mei 2010

Sutabri,Tata. 2012. Analisis Sistem Informasi. Andi, Yogyakarta.

Sutristo, rahmawati. Dwi Maya Suningsih. Rancangan Sistem Informasi Konsultasin Akademik Mahasiswa Berbasis Web . STMIK PRASTIKOM, Tanggerang.




DOI: https://doi.org/10.52643/jti.v7i1.1402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

 

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.