Sistem Pendaftaran Mahasiswa Baru Berbasis Online Di STMIK Pesat Nabire

Ester Ayuk Pusvita, Gunawan Prayitno

Abstract


Pendaftaran mahasiswa baru di STMIK Pesat Nabire belum berjalan dengan efektif dan efesien karena masih mengunakan penerimaan mahasiswa baru secara offline sehingga kalah bersaing dengan perguruan tinggi lainnya yang telah menerapkan sistem penerimaan mahasiswa baru secara online terutama dengan perguruan tinggi negeri. Dengan adanya sistem yang baru yaitu penerimaan mahasiswa baru secara online ini dapat meningkatkan layanan pendidikan tinggi terutama dalam memberikan informasi kepada masyarakat tentang penerimaan mahasiswa baru, selain hal tersebut dengan sistem ini membuat seleksi penerimaan calon mahasiswa dapat dilaksanakan secara adil dan terbuka dan bagi STMIK Pesat Nabire dapat mengolah data penerimaan mahasiswa baru dengan lebih baik. Metode yang digunakan dalam mengembangkan sistem ini yaitu mengunakan model  waterfall, dimana perancangannya mengunakan UML dan pengujian aplikasi mengunakan metode blackbox. Berdasarkan pengujian aplikasi terhadap sistem penerimaan mahasiswa baru secara online ini maka sistem yang dibangun telah sesuai dengan apa yang diharapkan.

Full Text:

PDF

References


Alviana S, Kurniawan B. Analisis Data Penerimaan Mahasiswa Baru Untuk Meningkatkan Potensi Pemasaran Universitas Menggunakan Business Intelligence (Studi Kasus Universitas XYZ). Infotronik J Teknol Inf dan Elektron. 2019;4(1):10.

Hadir D. Sistem Informasi Pendaftaran Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi “ ( Studi Kasus : Program Studi Manajemen Informatika ). 2017;

Ade Johar Maturidi. Metode Penelitian Teknik Informatika. Yogyakarta: Deepublish; 2014. 135 p.

Muttu H, Yuliawan K, Rantelinggi P. Aplikasi Pengenalan Organ Tubuh Manusia Berbasis Android Menggunakan App Inventor Di Jurusan Biologi Universitas Papua. 2021;6(1):28–40.

Hidayat T, Muttaqin M. Pengujian Sistem Informasi Pendaftaran dan Pembayaran Wisuda Online menggunakan Black Box Testing dengan Metode Equivalence Partitioning dan Boundary Value Analysis. J Tek Inform UNIS JUTIS [Internet]. 2018;6(1):2252–5351. Available from: www.ccssenet.org/cis




DOI: https://doi.org/10.52643/jti.v7i1.1370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

 

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.