Pengembangan Sistem Informasi One Stop Service (OSS) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Respati Tasikmalaya
Abstract
ABSTRAK
Sistem Informasi Akademik secara khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan Perguruan Tinggi yang menginginkan layanan pendidikan yang terkomputerisasi untuk meningkatkan kinerja dan kualitas layanan. Aplikasi One Stop Service (OSS) merupakan Sistem Informasi Akademik yang dapat memudahkan dalam pengelolaan seluruh aktifvitas akademik maupun non akademik mulai dari data penerimaan mahasiswa baru, KRS Online, nilai dan transkrip mahasiswa, presensi mahasiswa, pengaturan ruang dan mata kuliah, data dosen, Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa (EDOM), pengelolaan kurikulum dan semester, tugas akhir, yudisium sampai kelulusan. Dalam pengelolaan administrasi akademik STIKES Respati sudah menggunakan Sistem Infromasi Akademik (SIMAK) namun aksesnya hanya sebatas LAN dan belum disesuaikan dengan kebutuhan pembuatan laporan Perguruan Tinggi PDDIKTI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan metode Analisa. Metode pengembangan sistem dalam penelitian ini dengan metode Waterfall. Hasil dari Aplikasi One Stop Service (OSS) menghasilkan sistem informasi akademik yang terintegrasi sehingga dapat mengakomodir laporan Perguruan Tinggi sesuai dengan format PDDIKTI.
Kata kunci : sistem, akademik, pengembangan,laporan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.52643/jti.v6i2.1146
Refbacks
- There are currently no refbacks.
StatCounter
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.