Pemeriksaan Kesehatan dan Penyuluhan Hipertensi Pada Lansia di Posyandu Lansia Anggrek Lubang Buaya Tahun 2023

Sri Widodo, Izattul Azijah, Tamri Tamri, Suryanih Suryanih, Akhmad Muttaqin

Abstract


Hipertensi adalah tekanan darah persisten dimana saat tekanan darah sistolik diatas 140 mmHg dan tekanan diastoliknya diatas 90 mmHg. Hipertensi diklasifikasikan menjadi 2 jenis yaitu Hipertensi Primer yang penyebabnya tidak diketahui dan Hipertensi Sekunder yang disebabkan oleh beberapa penyakit antara lain penyakit ginjal, penyakit endokrin, dan penyakit jantung. Terkadang Hipertensi tidak ditemukan atau menimbulkan gejala klinis, akan tetapi tekanan darah terus menerus tinggi dalam jangka waktu yang cukup lama dan hal tersebut dapat menimbulkan komplikasi. Karena itu, Hipertensi perlu dideteksi sejak dini yaitu dengan adanya pemeriksaan tekanan darah secara berkala. Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) adalah suatu wadah atau tempat yang diperuntukan sebagai tempat pelayanan kesehatan yang bersumber daya masyarakat (UKBM) yaitu berfungsi untuk melayani masyarakat bukan hanya unit UKBM yang turut membantu tetapi juga lembaga swadaya masyarakat (LSM), serta lintas sektor pemerintah dan non-pemerintah, bahkan pihak swasta turut serta dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat di Posyandu begitupun dengan organisasi sosial dan lain – lain. Tujuan dari pengabdian ini adalah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan penyuluhan terkait hipertensi, dapat mencegah sebelum hipertensi menjadi masalah serius dan bahaya hipertensi yang tidak terkontrol yang dapat mengakibatkan komplikasi.Luaran yang sudah dihasilkan dari kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini adalah sudah dipublikasikan di berita lppm dengan link https://lppm.urindo.ac.id/, video kegiatan yang diupload ke youtube urindo dengan link https://youtu.be/RIpp3pHOK2k, Instagram prodi kesmas https://www.instagram.com/reel/CyPtWabPLMn/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng==.

Kata kunci: Pemeriksaan, Kesehatan,Hipertensi, Lansia, Posyandu

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jppkm.v2i4.6219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Sri Widodo, Izattul Azijah, Tamri Tamri, Suryanih Suryanih, Akhmad Muttaqin

Web Analytics View My Stats 

Editorial Office :  

Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Kesehatan Untuk Masyarakat  diterbitkan oleh oleh LPPM Universitas Respati Indonesia

Jl. Bambu Apus 1 No. 3 Cipayung Jakarta Timur, 13890

No Telp : 021-845 7627

Website  : lppm.urindo.ac.id

Email     : jppkm@urindo.ac.id