Pemenuhan Gizi Tahanan Wanita Hamil Pada Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Pondok Bambu (Fulfillment of Pregnant Women's Prisoners Nutrition At Pondok Bambu State Class IIA Detention House)

Nellya Ketaren

Abstract


Salah satu kebutuhan wanita dalam kondisi hamil adalah pemenuhan gizi untuk dirinya dan bayi yang sedang dikandung. Hal ini penting agar bayi yang sedang dikandung dalam kondisi sehat dan pertumbuhan bayi dapat berjalan dengan baik. Termasuk narapidana yang tengah mengandung dan harus menjalani masa pidana di dalam Lapas/Rutan. Terbatasnya ruang gerak narapidana karena harus menyelesaikan masa pidananya, menjadi salah satu kendala narapidana hamil dalam memenuhi asupan nutrisi selama proses kehamilan. Narapidana hamil yang berada di dalam Lapas/Rutan harus mendapatkan gizi yang cukup hal ini didukung dalam sepuluh hak narapidana menyebutkan bahwa narapidana berhak mendapatkan pelayanan kesehatan serta makanan yang layak. Akan tetapi pada kenyataannya, makanan yang diberikan kepada narapidana wanita hamil dan tidak hamil tidak dibedakan dan tidak ada makanan tambahan yang diberikan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang mana lebih cenderung menganalisa terkait pemenuhan asupan nutrisi yang dibutuhkan dan harus diberikan kepada narapidana selama masa kehamilan. Karena selama proses kehamilan, tubuh wanita akan sangat rentan akan penyakit,bila gizi tidak tercukupi maka akan beresiko pada janin dan proses melahirkan nanti. Hal ini dilakukan guna mencegah adanya permasalahan kesehatan bagi narapidana yang berada di rutan. Tujuan penelitian ini untuk menyampaikan bahwa narapidana wanita hamil perlu mendapatkan nutrisi tambahan guna proses kehamilan dan kelahiran yang berjalan lancar. Hasil dari penelitian ini akan menjadi masukan terhadap pelaksanaan perawatan yang dilakukan di Rumah Tahanan Negara Pondok Bambu terhadap narapidana wanita hamil.

 

Kata kunci: Gizi,Narapidana, Hamil.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jbik.v10i1.750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan

Flag Counter

   

 

JURNAL BIDANG ILMU KESEHATAN by http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License