HUBUNGAN FAKTOR EKSTERNAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA TINGKAT III PROGRAM STUDI DIII KEBIDANAN KARAWANG POLTEKKES KEMENKES BANDUNG TAHUN 2014

Eka Kartika, Darnialis Darwis

Abstract


Kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi serta tuntutan masyarakat yang semakin kritis terhadap pelayanan kebidanan yang diberikan oleh bidan memberikan konsekuensi kepada lulusan pendidikan bidan untuk meningkatkan hard skill, soft skill dan pengetahuannya serta bertindak sesuai kompetensi dan kewenangannya. Pada Prodi DIII Kebidanan Karawang Poltekkes Kemenkes Bandung diperoleh data bahwa mahasiswa tingkat III yang mempunyai indeks prestasi komulatif diatas 2,75 sebanyak 25,68% dan mahasiswa yang mempunyai indeks prestasi kumulatif di bawah 2,75 yaitu sebanyak 73,52%. Tujuan umum dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan factor eksternal terhadap prestasi belajar mahasiswa tingkat III Program Studi DIII Kebidanan Karawang Poltekkes Kemenkes Bandung Tahun 2014.

Penelitian dilakukan secara deskriptif dengan total populasi, pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa kebidanan tingkat III semester V Prodi DIII Kebidanan Karawang Poltekkes Kemenkes Bandung. Sampel penelitian ini diambil secara total sebanyak 68 mahasiswa. Setelah dilakukan uji statistik dinyatakan bahwa ada hubungan bermakna antara lingkungan fisik kampus (p=0,034) dengan prestasi belajar mahasiswa, sedangkan dukungan orang tua (p=0,716) tidak ada hubungan yang bermakna dengan prestasi belajar mahasiswa tingkat III Prodi DIII Kebidanan Karawang Poltekkes Kemenkes Bandung.

Dari hasil penelitian ini disarankan kepada akademi untuk lebih memperhatikan fasilitas belajar mahasiswa sehingga minat belajar dan motivasi belajar mahasiswa dapat ditingkatkan sehingga prestasi belajarnya dapat lebih baik.

 

Kata Kunci     : Prestasi belajar, lingkungan fisik kampus, dukungan orang tua


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jbik.v5i2.125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan

Flag Counter

         

 

JURNAL BIDANG ILMU KESEHATAN by http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License