ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STRES KERJA PADA TERAPIS ANAK AUTISME DI KLINIK KEANNA CENTER TAHUN 2013

Mahesa Dhirny Mirnawati, Suwarto .

Abstract


Dewasa ini, konsep tentang stres kerja telah menarik dan mengguncang perhatian nasional. Hal tersebut karena peningkatan klaim ketidak mampuan berdasarkan pada faktor-faktor terkait dengan stres. Seiring perjalanan waktu, kemajuan teknologi tampaknya memperlambat kemampuan kita untuk mempertahankan produktifitas, dan kita merasa hanya memiliki sedikit kendali bahkan tidak memiliki kendali sama sekali,Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan stres kerja pada terapis anak autisme di klinik Keanna Center tahun 2013.

Jenis penelitian ini merupakan studi analitik dengan pendekatan cross sectional, yaitu mencari faktor-faktor yang berhubungan dengan variabel dependen (stress kerja) yang diteliti dalam waktu bersamaan. Pengambilan data dependen dan independen dengan skala ordinal dengan menggunakan kuesioner.

Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu tidak semua terapis mengalami stres kerja. Sebanyak 7 terapis (35%) mengalami stres kerja dan  13 terapis (65%) tidak mengalami stres kerja. Dari kelima faktor yang mempengaruhi stress kerja, hanya terdapat 2 faktor yang berhubungan yaitu beban kerja (P value = 0,005) dan rutinitas (P value = 0,015).

Pihak manajemen disarankan untuk memberikan fasilitas jamsostek kepada setiap karyawan klinik agar karyawan merasa nyaman selama bekerja. Kemudian mengadakan pelatihan untuk para terapis agar meningkatkan kinerja terapis dan menambah pendapatan klinik.

 

Daftar Bacaan       : 27 (1994 – 2012)

Kata Kunci             : Stres Kerja, Terapis Anak Autisme


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan

Flag Counter

StatCounter

View My Stats

 

 

JURNAL BIDANG ILMU KESEHATAN by http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License