Hubungan Dukungan Keluarga dengan Tingkat Kecemasan pada Mahasiswa Keperawatan Yang Mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh di STIK Immanuel Bandung

Juli Yanti, Linda Hotmaida, Lidya Maryani

Abstract


Abstrak

Penelitian ini hendak mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan mahasiswa dengan melibatkan 78 mahasiswa keperawatan angkatan 2017-2021. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan cross sectional dan pengambilan sampel dengan menggunakan stratified random sampling. Didapatkan hasil penelitian dukungan keluarga dengan kategori sedang sebanyak 42 orang (53.8%) dan sebagian besar mahasiswa berada pada tingkat kecemasan pada kategori sedang sebanyak               50 orang (64.1%). Hasil uji statistik Pearson Chisqure di dapatkan hasil signifikansi (p-value) sebesar                        0.856 > α (0.05) artinya dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan.

Mahasiswa keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Immanuel Bandung mengalami kecemasan sedang saat pembelajaran jarak jauh di harapkan pihak pendidikan dapat melakukan persiapan sebelum melakukan pembelajaran jarak jauh dengan perencanaan dan persiapan yang matang berupa pedoman pembelajaran jarak jauh bagi dosen dan mahasiswa disertai adanya dukungan keluarga di harapkan dapat menekan tingkat kecemasan saat pembelajaran jarak jauh.

 

Kata Kunci : Dukungan keluarga, tingkat kecemasan

Keywords


Dukungan keluarga, tingkat kecemasan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jukmas.v6i1.2048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Untuk Masyarakat Sehat (JUKMAS)

Flag Counter

        

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.