PENGARUH CITRA KOPERASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI KARYAWAN RUMAH SAKIT ANAK DAN BUNDA (RSAB) HARAPAN KITA JAKARTA
Abstract
Koperasi merupakan badan usaha ditengah masyarakat, selain swasta dan BUMN, dimana terdapat kompetisi dalam memperoleh pelanggan dan mempertahankan kesetiaan pelanggan, sehingga dibutuhkan pelayanan yang merupakan kunci keberhasilan dalam berbagai usaha atau kegiatan yang bersifat jasa. Tujuan penelitian mengetahui pengaruh citra koperasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota Koperasi Karyawan RSAB Harapan Kita. Penelitian kuantitatif dengan desain crosectional, sampel 91 orang diambil dengan teknik Insindental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data regresi berganda. Hasil koefisien regresi berganda Ada hubungan variabel Citra Koperasi dengan Kepuasan Anggota dengan nilai p 0,000, ada Hubungan variabel Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Anggota dengan nilai p 0,001. Konstanta sebesar 55,150 citra Koperasi dan kualitas pelayanan nilainya adalah 0, maka kepuasan anggota nilainya adalah sebesar 55,150.Koefisien regresi variabel Citra Koperasi sebesar 0,380 artinya jika variabel bebas lain nilainya tetap dan Citra Koperasi naik 1%, maka Kepuasan Anggota akan mengalami peningkatan sebesar 38%. Koefisien bernilai positif artinya terjadi pengaruh positif antara Citra Koperasi dengan Kepuasan Anggota. Semakin tinggi tingkat Citra Koperasi maka semakin meningkat Kepuasan Anggota. Kualitas Pelayanan sebesar 0,267 artinya jika variabel bebas lain nilainya tetap dan Kualitas Pelayanan naik 1%, maka Kepuasan Anggota akan mengalami peningkatan sebesar 26,7%. Koefisien bernilai positif artinya terjadi pengaruh positif antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Anggota, semakin meningkatnya Kualitas Pelayanan maka semakin meningkat Kepuasan Anggota. Kesimpulan Citra Koperasi dan Kualitas Pelayanan secara bersamaan berpengaruh terhadap kepuasan anggota koperasi karyawan Rumah Sakit . Saran Sebaiknya Koperasi Karyawan RSAB Harapan Kita tetap mempertahankan, meningkatkan dan menjaga Citra Koperasi maupun kualitas pelayanan
Kata kunci : Citra Koperasi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Anggota
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.52643/jam.v7i2.70
Refbacks
- There are currently no refbacks.
StatCounter
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.