Strategi Manajemen Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Wadzibah Nas, Ainan Raena Nas, Zulfikry Sukarno

Abstract


Penelitian ini untuk untuk memberikan evaluasi terhadap keseluruhan dilihat dari empat perspektif yang dijelaskan pada Balance Scorecard yaitu Perspektif Keuangan, Perspektif pelanggan, Perspektif internal bisnis, dan Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada strategi yang diterapkan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Makassar dalam pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) berdasarkan dinamika dan fenomena yang terjadi melalui pendekatan Kualitatif. Penelitian ini dikaji dengan model analisa Balance Scorecard yang telah dimodifikasi melalui pendekatan deskriptif-kualitatif. Penelitian ini menemukan bahwa pelaksaanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) pada SMA di Kota Makassar berjalan baik dengan berbagai aturan dan panduan implementasi kebijakan tersebut dinilai membutuhkan investasi yang besar dan dukungan finansial yang diharapkan sekolah belum optimal. tingkat retensi siswa dinilai cukup baik dalam sudut pandang pendidikan merupakan kuantitas perolehan hasil belajar, kondisi fasilitas dan peralatan pendukung pelaksaan proses belajar mengajar, menunjukkan juga sudah baik. Dari persepektif komunitas paling baik berkat dukungan dan tingkat kepuasan orangtua murid

Full Text:

PDF

References


Aliminsyah, & Padji. (2004). Kamus Istilah Manajemen. Yrama Widya.

Arifin, H. N. (2021). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Masa Pandemi Covid-19 Ma Al-Amin Tabanan Tahun Pelajaran 2021/2022. Widya Balina, 6(2). https://doi.org/10.53958/wb.v6i12.104

Baltabayeva, Z. B., Sautieva, F. B., Skorobogatova, A. G., & Mamatelashvili, O. V. (2020). The impact of success factors on the strategic management in an educational complex. Revista Amazonia Investiga, 9(29), 336–346. https://doi.org/10.34069/ai/2020.29.05.38

Cravens, D. W. (2001). Pemasaran Strategis (Edisi II). Erlangga.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Emik, P., Mesta, L., & Tambunan, W. (2021). Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi Pada SMK Kristen Tagari. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 112–120. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3275

Fitriansyah, F. (2021). Development of Learning Videos as Independent Learning Resources during The COVID-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 13(2), 101–110. https://doi.org/10.36928/jpkm.v13i2.834

Fredy, F., Prihandoko, L. A., & Anggawirya, A. M. (2020). The Effect of Learning Experience on the Information Literacy of Students in the Ri-Png Border During Covid-19 Period. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(10), 171–180. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i10.2067

Hamidi, Jufri, A. W., & Karta, W. (2016). Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja dan Kinerja Guru terhadap Kepuasan Guru SMA Negeri di Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 1(2), 186–197.

La Ode Onde, M. K., Aswat, H., Sari, E. R., & Meliza, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1449

Mappasiara. (2018). Manajemen Strategik dan Manajemen Operasional Serta Implementasinya pada Lembaga Pendidikan. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 74–85. https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i1.5116

Muhidin, P. (2016). Exploring the Correlation Between Metacognition and Cognitive Retention of Students Using Some Biology Teaching Strategies. Journal of Baltic Science Education, 15(5), 617–629.

Pidarta, M. (2004). Manajemen Pendidikan Indonesia. Rineka Cipta.

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33). https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Riyana, D. (2017). Pengukuran Kinerja Perusahaan PT Indofood dengan Menggunakan Balanced Scorecard. Jurnal Sekuritas (Saham, Ekonomi, Keuangan Dan Investasi), 1(22), 42–53.

Stukalina, Y. (2010). The management of integrated educational environment resources: the factors to be considered. European Journal of Education, 45(2), 345–361. https://doi.org/10.1111/j.1465-3435.2010.01433.x

Wheelen, T. L., & Hunger, J. D. (2010). Strategic Management and Business Policy (10th ed.). Prentice Hall.

Young, J., Lin, M., Liyuan, W., Jian, T., & Lin, H. (2010). A new method to determine condition index for equipment condition assessment. 2010 Prognostics and System Health Management Conference, PHM ’10. https://doi.org/10.1109/PHM.2010.5413492




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v12i4.2523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.