Hubungan Antara Kemampuan Menyusun Rencana Bisnis Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Ajar Kewirausahaan

Mei Supriyani, Ignatius Erik Sapta Yanuar

Abstract


Data tentang dampak penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dalam Mata Ajar Kewirausahaan masih sangat terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan menyusun rencana bisnis dengan pembelajaran berbasis masalah pada mata ajar kewirausahaan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif design crossed sectional, pada 60 mahasiswa yang telah mengikuti pembelajaran Kewirausahaan bermetode PBM. Data didapat melalui kuesioner dengan menggunakan google form dan dikirimkan melalui media sosial. Hasil analisis dengan Program SPSS 22 menunjukkan adanya korelasi yang bermakna antara Kemampuan Menyusun Rencana Bisnis dengan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Ajar Kewirausahaan dengan nilai p = 0,000 menunjukkan adanya hubungan yang signifikan. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran PBM meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan Lingkaran Solusi Masalah (Problem Solving Cycle) yang antara lain dilandasi kemampuan menerapkan pola pikir kritis analitis dalam Menyusun Rencana Bisnis. Disarankan agar Program Studi Manajemen melakukan kebijakan penerapan metode PBM untuk semua mata ajar sebagai upaya menghasilkan lulusan yang cakap untuk mengembangkan diri dalam kewirausahaan.      

 

Kata kunci: Rencana Bisnis, Kewirausahaan, Pembelajaran Berbasis Masalah 

Full Text:

PDF

References


Nurul Indarti, & Rokhima Rostiani. (2008). Intensi Kewirausahaan Mahasiswa : Studi perbandingan antara Indonesia, Jepang dan Norwegia. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Indoensia 23 No 4.

Drucker. Konsep Kewirausahaan Era Globalisasi, Erlangga, Jakarta, Terjemahan (1996).

Dasa, Ismaimuza. (n.d). (2010). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah strategi konflik kognitif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan sikap siswa SMP. Jurnal Pendidikan matematika, vol.4(n0.1), h.2.

Siregar, purwanto dan seri. (2016). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap belajar siswa pada materi poko suhu dan kalor di kelas x semester II sma negeri 11 medan t.p 2014/2015. Jurnal ikatan alumni fisika universitas negeri malang, vol.2(no.1), h.26.

Notoatmodjo. Soekidjo. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. (2010).

Sitinjak, T., Durianto, D & Yunarto, H, I. Model Matriks Konsumen Untuk Menciptakan Superior Custumer Value. PT Gramedia (2004).

Yuandari, E & Rahman, R. T. A. Metodologi Penelitian dan Statistik, In Media (2017).

Yadewani, A, Y., Karimi & Motaghed (2017), Pengaruh E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 1(1), 64-69.

Dewi, S.K.S. Konsep dan Pengembangan kewirausahaan di Indonesia. Deepublish (2017.

Handayani, T. (2016). Evaluasi Tentang Pengetahuan Kewirausahaan dalam Meningkatkan Intensi Berwirausaha (Studi pada Mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis). Inovbiz: Jurnal inovasi Bisnis, 4(2), 89-98.




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v12i2.2297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.