Pengaruh Bauran Promosi Program Waktu Indonesia Belanja Terhadap Proses Keputusan Pembelian Pada Tokopedia

Ovila Iftina Faulika, Farah Oktafani

Abstract


Perkembangan era digital kini semakin pesat, dibuktikan bahwa saat ini internet dapat mudah dinikmati oleh masyarakat. E-Commerce memudahkan para penjual dan pembeli melakukan transaksi jual beli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bauran promosi pada program Waktu Indonesia Belanja, mengetahui proses keputusan pembelian pada Tokopedia, mengetahui pengaruh bauran promosi program Waktu Indonesia Belanja terhadap proses keputusan pembelian Tokopedia secara parsial, mengetahui pengaruh bauran promosi program Waktu Indonesia Belanja terhadap proses keputusan pembelian Tokopedia secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan penelitian kausal, menggunakan teknik non probability sampling. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa bauran promosi berada dalam kategori baik serta Proses Keputusan Pembelian berada pada kategori cukup baik. Besarnya pengaruh bauran promosi terhadap proses keputusan pembelian sebesar 67,56%. Sedangkan sisanya sebesar 32,44% dipengaruhi oleh faktor lain. Secara parsial bauran promosi program Waktu Indonesia Belanja berpengaruh secara signifikan terhadap proses keputusan pembelian pada Tokopedia. Besaran pengaruh paling tinggi yaitu periklanan sebesar 26,14%, pemasaran langsung sebesar 24,54%, publisitas sebesar 9,24% dan promosi penjualan sebesar 7,72%


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v12i2.2203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.