Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan berdasarkan Standart (SAK – EMKM) pada UMKM Sepatu di UD. Sonny Jaya Mojokerto

yulfinah yulfinah, Titik Komariyah

Abstract


UMKM sepatu Mojokerto UD Sonni Jaya yang terletak didesa Jampirogo adalah salah satu UMKM yang sangat ramai dalam penjualannya. Tetapi dalam pengelolaan keuangan perusahaan, pemilik mengaku kesulitan dalam membuat laporan keuangan. Ikatan Akuntan Indonesia telah menyiapkan SAK-EMKM (Standar Akuntansi Keuangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) yang mulai berlaku per 1 Januari 2018 untuk memudahkan UMKM dalam menyiapkan laporan keuangan usahanya.

Pendampingan penyusunan Laporan Keuangan berdasarkan standart SAK-EMKM adalah solusi untuk mengatasi problem pada UMKM sepatu UD. SONNI JAYA. Untuk melaksanakan pendampingan ini, metode yang digunakan adalah metode Participatory Action Research (PAR ). Tahapan pada mtode ini berupa observasi, wawancara, diskusi/ FGD, pendampingandan yang terakhir menghassilkan output.

Laporan keuangan yang menggunakan standar SAK-EMKM juga sangat efektif bagi UMKM karena penyusutan laporan keuangan lebih sederhana dari standar SAK-ETAP. Sehingga diharapkan setelah adanya pendampingan kepada UMKM UD. SONNY JAYA, pemilik UMKM mampu membuat laporan keuangan sendiri sesuai dengan standar SAK-EMKM sebagai dasar pengambilan keputusan dan juga mempermudah mendapatkan akses pendanaan (modal). 

Kata Kunci : Laporan Keuangan UMKM, SAK –EMKM, Metode Partisipatif Action Research (PAR)



Full Text:

PDF

References


Ariefiansyah, Ryan dan Miyogi Margi utami. 2013. Membuat Laporan Keuangan Gampang. Jakarta : Dunia Cerdas.

Baskerville, L.R. (1999) Journal : Investigating Information System with Action Research, Association for Information Systems : Atlanta.

IAI. 2016. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah.

Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan.

Dawam, Aulia. (2018) Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan sesuai Standart Akutansi berbasis ETAP di UMKM Batik Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 6, No. 2, Desember 2018.

https://goukm.id/sak-emkm

https://interactive.co.id/blog/10-permasalahan-ukm-dan-cara-mudah- untuk- mengatasinya-127.html

Tatik. (2018) Implementasi SAK EMKM (Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Dan Menengah) Pada Laporan Keuangan UMKM (Studi Kasus Pada UMKM XYZ Yogyakarta, Jurnal Relasi, Vol. XIV, No. 02, Juli 2018

Isnawan, Ganjar. 2012. Akuntansi Praktis Untuk UMKM. Jakarta: Laskar Aksara.

Anggawirya, Erhans. 2016. Akuntansi 2. Jakarta: PT. Ercontara Rajawali.

Ariawati, dkk. 2012. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.52643/pamas.v6i1.1186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (PAMAS)

 

         

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.