Senam Kreasi dan Permainan Konsentrasi Melalui Ice Breaking Menuju Lansia Sehat dan Bahagia

Fitria Sari, Yuna Trisuci Aprillia, Endang Siti Mawarni, Lativa Sufie Saputri

Abstract


Menjadi tua adalah sebuah kepastian. Namun kenyataannya banyak yang tidak siap untuk menjadi tua karena dianggap sebagai peristiwa yang menyakitkan. Data Badan Pusat Statistik (BPS) memprediksi penduduk lanjut usia (lansia) sekitar 26 juta (11,34%) pada 2020 serta diprediksi akan terus meningkat hingga 48,2 juta jiwa (15,8%) pada 2035. Usia lanjut ditandai dengan kemunduran fisik. Kesehatan lansia merupakan hal penting yang merupakan tujuan nasional. Menurunnya kemampuan fisik mengakibatkan lansia menjadi kelompok resiko tinggi. Untuk mencegah munculnya permasalahan dalam kesehatan lansia biasakan melakukan: aktivitas fisik, salah satunya dengan senam lansia  dan permainan konsentrasi, Permasahan mitra adalah belum adanya wadah dan perkumpulan khusus yang bisa memberdayakan lansia dan menurunnya status kesehatan lansia seiring dengan bertambahnya usia ditandai dengan timbulnya berbagai keluhan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan melakukan senam kreasi secara bersama sama yang dilakukan secara offline dan permainan konsentrasi melalui ice breaking untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan daya ingat. Target luaran yang diharapkan adalah meningkatnya kualitas kesehatan bagi lansia agar dapat mengurangi berbagai keluhan yang ada, mengurangi risiko penyakit dan memelihara fungsi tubuh lansia dan membuat lansia lebih berdaya, produktif dan bahagia. Juga menjaga agar lansia tetap sehat dan dapat beraktivitas seperti biasa secara mandiri.

Kata kunci : senam lansia,  permainan, lansia sehat


Full Text:

PDF

References


BKKBN, “Lansia Sehat, Aktif dan Bermartabat.” [Online]. Available: https://www.bkkbn.go.id/berita-lansia-sehat-aktif-dan-bermartabat

M. E. Rumawas, “Pengukuran Kualitas Hidup Sebagai Indikator Status,” 2021.

2018 RISKESDAS, “RISKESDAS,2018,” Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. 2018.

Lindia Prabhaswari and Ni Luh Putu Ariastuti, “Gambaran Kejadian Depresi Pada Lanjut Usia Di Wilayah Kerja Puskesmas Petang I Kabupaten Badung Bali 2015,” Intisari Sains Medis 7, vol. 1, p. 47, 2016, doi: 10.15562/ism.v7i1.100.

M. S. Dkk, Mengenal Usia Lanjut dan Keperawatannya. Jakarta: Salemba Medika, 2012.

K. RI, Buku Kesehatan Lansia. Jakarta, 2016.

ni putu dewi sri Wahyuni, “Sehat Dan Bahagia Dengan Senam Bugar Lansia,” J. Penjakora 3, vol. 1, pp. 66–77, 2017.




DOI: https://doi.org/10.52643/jppkm.v1i3.3813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Kesehatan untuk Masyarakat

Web Analytics View My Stats 

Editorial Office :  

Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Kesehatan Untuk Masyarakat  diterbitkan oleh oleh LPPM Universitas Respati Indonesia

Jl. Bambu Apus 1 No. 3 Cipayung Jakarta Timur, 13890

No Telp : 021-845 7627

Website  : lppm.urindo.ac.id

Email     : jppkm@urindo.ac.id