International Community Service Proggrame For Longlife Education

Yeny Sulistyowati, Susiana Nugraha, Nurminingsih Nurminingsih, Noda Yukari, Yuko Hirano, Moemi Matsuo, Koici aramashi

Abstract


Lansia yang sehat harus diberdayakan agar dapat tetap sehat dan mandiri selama mungkin. Salah satu upaya untuk memberdayakan Lansia di masyarakat adalah melalui pembentukan dan pembinaan Kelompok Lansia yang di beberapa daerah disebut dengan Posyandu Lansia atau Posbindu Lansia. Sedangkan Indonesia Ramah Lansia memiliki sekolah Lansia yang sudah tersebar di seluruh Indonesia. Melalui Kelompok ini, Lansia dapat melakukan kegiatan yang dapat membuat mereka tetap aktif, antara lain: berperan sebagai kader di Kelompok Lansia, melakukan senam Lansia, memasak bersama, termasuk membuat kerajinan tangan yang selain berperan sebagai penyaluran hobi juga dapat meningkatkan pendapatan keluarga. Makin bertambah usia, makin besar kemungkinan seseorang mengalami permasalahan fisik, jiwa, spiritual, ekonomi dan sosial. Salah satu masalah yang sangat mendasar adalah masalah kesehatan adalah pikun.  Kegiatan dilaksanakan pada Hari Rabu, 19 Juli 2023, di IRL Bandung. Jumlah Peserta Lansia sejumlah hampir 70 orang, 4 orang dosen dari Universitas Nagasaki dan 8 orang Universitas Respati Indonesia serta 8 orang mahasiswa dari kedua Universitas. Profesor dari Universitas Nagasaki 3 orang: Prof Noda Yukari, Prof Yuko Hirano, Dr. Moemi Matsuo dan mahasiswa Koici Aramashi. Kegiatan di sekolah Lansia sudah terstandar kurikulumnya dan dapat diimplementasikan dalam keseharian Lansia. Peserta dapat meningkat ketrampilannya dan melatih upaya-upaya dalam mencegah pikun. Mendapatkan manfaat kerjasama internasional dengan melibatkan dosen, mahasiswa dan mitra. Diharapkan kegiatan dapat berkelanjutan dan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat terutama Lansia dalam mencegah pikun, melalui brain training.

Kata Kunci: Lansia, brain training, pikun


Full Text:

PDF

References


Andriani, Raraningrum & Sulistyowati. (2019). Pemberdayaan Lansia Produktif, Aktif, Sehat Melalui Promosi Kesehatan dan Pemanfaatan Tanaman Obat di Desa Bumiharjo Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Warta Pengabdian. Volume 13, doi: 10.19184/wrtp.v13i1.9837.

Budi, Sarasati. Menuju Lansia Smart: Sehat, Mandiri, Aktif dan Produktif. Published: 16 December (2019). https://buletin.kpin.org/index.php/arsi p-artikel/509-menuju-lansia-smartsehat-mandiri-aktif-dan-produktif.

Duwi Kurnianto P. (2015). Menjaga Kesehatan Di Usia Lanjut. Jurnal Olahraga Prestasi, Volumen 11 Nomor 2.

Hariyani Sulistyoningsih, Santi Susanti, Tri Budi W Rahardjo, Yeny Sulistyowati, Tri Suratmi, Dini Agustin, Lili Indrawati, Yenni Ariestanti, Nur Apriyan, Rodiyah Rodiyah, Ashish Goel, Ashish Jindal, Alpana Raizada, Maw Pin Tan, George Rebok (2022). Behavior Analysis Of COVID-19 Prevention In The Elderly In Jakarta, Tasikmalaya ,and Yogyakarta. Jurnal of aging and family, Vol 2 No 1.

Hotmaria Agustina P, Eneng Nurulaeni, Fitalia Fitalia, Ria Oktarini, Syahrul Firdaus, Alnovensyah Alnovensyah, Indah Indah, Yeny Sulistyowati. Characteristics, Nutritional Status and Degenerative Diseases in the Elderly at the Curug Health Center, Serang Regency, Banten. Jurnal of aging and family, Vol 2 No 1.

Hurlock, E. B. (2002). Psikologi perkembangan; Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Lansia Sehat, Lansia Bahagia. (2019). Dipublikasikan pada Kamis 04 Juli 2019.http://www.kesmas.kemkes.go.i d/portal/konten/~rilis-berita/070413- lansia-sehat_-lansia-bahagia.

Stefanus, Junaiti & Henny. (2018). Peningkatan Kualitas Hidup Lanjut Usia (Lansia) Di Kota Depok Dengan Latihan Keseimbangan. Jurnal Keperawatan Indonesia, Volume 21 No.2.




DOI: https://doi.org/10.52643/jppkm.v1i2.3691

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Kesehatan untuk Masyarakat

Web Analytics View My Stats 

Editorial Office :  

Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Kesehatan Untuk Masyarakat  diterbitkan oleh oleh LPPM Universitas Respati Indonesia

Jl. Bambu Apus 1 No. 3 Cipayung Jakarta Timur, 13890

No Telp : 021-845 7627

Website  : lppm.urindo.ac.id

Email     : jppkm@urindo.ac.id