PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG TANAMAN MENIRAN (PHYLLANTHUS NIRURI, L) DALAM RANSUM TERHADAP PERTUMBUHAN AYAM BROILER

Tetty Hastuti

Abstract


Ayam broiler memiliki kelemahaan mudah terserang penyakit akibat virus, bakteri, kapang dan lain-lain. Tanaman obat memiliki kemampuan yang cukup baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, tanaman meniran (Phyllanthus niruri, L) merupakan tanaman obat yang dapat digunakan sebagai fitobiotik (aditif pakan yang berasal dari bahan tumbuhan murni) karena mengandung fitokimia (nutrient yang diturunkan dari sumber tumbuhan) yang memiliki efek antibakteri, antioksidan yang sangat efektif dalam menekan pertumbuhan bakteri pathogen sehingga dapat membantu proses pertumbuhan ayam broiler. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung tanaman meniran (Phyllanthus niruri, L) dalam ransum terhadap pertumbuhan ayam broiler.

Penelitian ini menggunakan Rancangangan Acak Lengkap (RAL). Ternak yang digunakan yaitu ayam broiler umur sehari, day old chick (DOC) sebanyak 200 ekor dipelihara selama 4 (empat) minggu. Penelitian ini menggunakan 5 taraf perlakuan dengan masing-masing perlakuan 4 kali ulangan setiap ulangan terdiri dari 10 (sepuluh) ekor ayam. Perlakuan tersebut adalah: R1 ; Ransum Basal/RB (tanpa campuran antibiotik dan Tepung Meniran/TM), R2; RB + Zn Bacitracin (antibiotik), R3 ; RB + TM 0,0157 %, R4; RB + TM 0,0313 %, R5 ;RB + TM 0,0470 %. Parameter yang diukur meliputi konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, konversi ransum dan mortalitas.

 Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penambahan tepung tanaman meniran (Phyllanthus niluri, L) dalam ransum tidak berpengaruh nyata terhadap konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, konversi ransum dan mortalitas. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penambahan tepung tanaman meniran (Phyllanthus niluri, L) dalam ransum dapat menigkatkan pertumbuhan ayam broiler. Perlu adanya analisa lanjutan kearah pemeriksaan mikroba pathogen dan proses pembuatan serta pencampuran ransum.

 

Kata Kunci: Meniran, broiler, pertumbuhan. konsumsi, konversi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jir.v8i2.274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah RESPATI

Flag Counter

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.