Pengaruh Pelayanan Penyuluhan terhadap Tingkat Hilirisasi Produk Hortikultura di Wilayah Pegunungan Tengger Jawa Timur pada Saat Pandemi Covid 19

Sudarko Sudarko, Sofia Sofia, Yuli Hariyati, Sugeng Winarso

Abstract


Pertanian hortikultura merupakan sektor strategis bagi masyarakat Tengger di wilayah Bromo. Selain mengacu pada sektor pariwisata yang ada, sektor pertanian juga tidak kalah pentingnya dibuktikan dengan kebergantungan Masyarakat Tengger terhadap pertanian yang tinggi. Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura, Probolinggo merupakan salah satu desa di wilayah Bromo yang memiliki potensi dalam sektor pertanian khususnya hortikultura. Namun, belum adanya sistem pertanian yang maksimal membuat diterapkannya inovasi hilirisasi produk hortikultura dengan tujuan meningkatkan produktifitas dan kesejahteraan hidup petani. Tentunya dengan adanya dukungan dari berbagai pihak terutama penyuluh dalam menyediakan pelayanan penyuluhan petani. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat hilirisasi dan pelayanan penyuluhan saat pandemi Covid-19 sekaligus menganalisis faktor apa saja dalam pelayanan penyuluhan yang berpengaruh terhadap hilirisasi produk hortikultura. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif dilakukan di Desa Ngadisari Kabupaten Probolinggo pada bulan-Juli_Nopember 2022. Sampel 30 petani hortikultura secra random dari populasi 70 petani yang tergabung dalam 2 kelompok tani. Analisis yang digunakan yaitu diskriptif  dan inferensial regresi linear berganda. Hasil dari penelitian menunjukkan tingkat hilirisasi berada pada tingkatan cukup tinggi dan tinggi, sedangkan pada tingkat pelayanan penyuluhan berada pada tingkatan puas dan sangat puas. Faktor yang berpengaruh terhadap hilirisasi produk hortikultura yaitu aksi sosial penyuluh, akurasi perencanaan penyuluhan, pelaksanaan penyuluhan, dan pemenuhan harapan petani. Sisanya yaitu pengaplikasian teknik penyuluhan yang tepat tidak berpengaruh terhadap hilirisasi produk hortikultura.

Kata Kunci : hilirisasi produk hortikultura, pelayanan penyuluhan, penyuluh pertanian


Full Text:

PDF

References


F. N. Pahlevy, B. Apriyanto, and S. Astutik, “Karakteristik Sosial Ekonomi Masyarakat Daerah Wisata Bromo sebagai Pengembangan Kesejahteraan Hidup,” Geografi, vol. 2, no. 1, pp. 1–18, 2019.

Karnaji, “Pengembangan Kawasan Agropolitan Bromo Tengger Semeru,” Dialektika, vol. 13, no. 1, pp. 1–17, 2018.

D. Susilowati, S. A. Mardiyani, and Suyamto, “Peranan UMKM Agribisnis Komoditi Apel melalui Hilirisasi Pertanian dalam Pemulihan Perekonomian di Kota Batu,” J. Ekon. Pertan. dan Agribisnis, vol. 5, no. 4, pp. 1262–1269, 2021.

D. Darmawati and P. P. A. Ningrum, “Kepuasan Petani terhadap Pelayanan Penyuluh Pertanian dalam Aktivitas Penyuluhan Pertanian di Kabupaten Banyuasin,” Societa, vol. 9, no. 2, pp. 55–63, 2020.

N. M. R. Lahidjun, A. Rauf, and Y. Saleh, “Evaluasi Kinerja Penyuluh Pertanian pada Petani Hortikultura di kecamatan Limboto,” Agrinesia, vol. 5, no. 1, pp. 45–54, 2020.

S. Liani, G. Z. Mulki, and E. Yuniarti, “Strategi Pengembangan Komoditas Nanas di Kampung Sumber Mulyo Desa Sungai Asam Kabupaten Kubu Raya,” JeLAST J. PWK, Laut, Sipil, Tambang, vol. 8, no. 2, pp. 1–8, 2021.

Y. T. Suci and A. S. Jamil, “Hubungan Tingkat Kepuasan Pelayanan dengan Keberhasilan Peserta Pelatihan Teknis bagi Penyuluh Pertanian,” J. Hexagro, vol. 3, no. 2, pp. 47–55, 2019.

K. Prayoga, S. Nurfadillah, I. B. Butar, and M. Saragih, “Membangun Kesalingpercayaan dalam Proses Transfer Informasi antara Petani dan Penyuluh Pertanian,” Forum Penelit. Agro Ekon., vol. 36, no. 2, pp. 143–158, 2018.

H. T. Wibowo and Y. Haryanto, “Kinerja Penyuluh Pertanian dalam Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Magelang,” J. Penelit. Peternak. Terpadu, vol. 2, no. 2, pp. 79–92, 2020.

P. Muniarty, Wulandari, A. Pratiwi, F. Kusumayadi, and I. Haryanti, “Penguatan Partisipasi Petani melalui Penyuluhan Pertanian di Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima,” Glob. ABDIMAS J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 24–29, 2021.

E. Yulia, F. Widiantini, and A. Susanto, “Manajemen Aplikasi Pestisida Secara Tepat dan Bijak pada Kelompok Tani Komoditas Padi dan Sayuran di SPLPP Arjasari,” Kumawula J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 310–324, 2020.

N. T. M. B. Kabeakan and J. R. Manik, “Kepuasan dan Loyalitas Petani Jagung menggunakan Benih Bersubsidi di Desa Laubaleng Kecamatan Laubaleng Kabupaten Karo,” J. Agrica, vol. 13, no. 2, pp. 124–135, 2020.




DOI: https://doi.org/10.52643/jir.v13i2.2643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Respati

Flag Counter

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.