Analisis Gama – Sitosterol pada Ficus Carica sebagai Prediksi Aktivitas Apoptosis pada Sel HeLa

Kusmayra Ambarwati, Miftahul Jannah, Asyifa Robiatul Adawiyah

Abstract


Telah terbukti secara ilmiah bahwa antioksidan dan herbal menjadi salah satu zat yang dapat mencegah terjadinya kanker serviks. Angka kejadian kanker serviks di Indonesia sangat tinggi, dan merupakan penyebab utama kematian wanita di Indonesia. Setiap hari muncul 40-45 kasus baru, yang berarti 20-25 orang meninggal akibat kanker serviks di Indonesia. Beberapa penelitian terdahulu membuktikan bahwa terdapat tumbuhan, buah – buahan dan biji – bijian yang mengandung antioksidan tinggi dan dipercaya dapat mencegah dan mengurangi kesakitan akibat kanker serviks. Selain itu banyak herbal yang juga ditemukan di Indonesia yang diketahui memiliki efek pada sel kanker.Salah satunya yang dapat ditemukan di Indonesia adalah Buah Tin/ Ara (Ficus Carica)

Akan tetapi masyarakat belum banyak yang memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia yang

diduga dapat mencegah kanker serviks ini. Studi ini merupakan penelitian awal untuk membahas mengenai kandungan gama – sitosterol pada buah Tin untuk nantinya dapat digunakan sebagai prediksi apoptosis pada sel HeLa.

 

Kata Kunci : Buah Tin, Sel Hela, Gama - Sitosterol


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan

Flag Counter

StatCounter

View My Stats

 

 

JURNAL BIDANG ILMU KESEHATAN by http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License